Spirit Geber Suci Menggema di Hari Sumpah Pemuda

Minggu, 28 Oktober 2018 12:48 Clara Aditia Desa

Spirit Geber Suci Menggema di Hari Sumpah Pemuda

 

Koropak.co.id - Guna meningkatkan kewaspadaan menjelang datangnya musim hujan yang berpotensi rawan bencana banjir, relawan, aktivis pecinta lingkungan, dan masyarakat sekitar melaksanakan kegiatan Geber Suci (Gerakan Beberesih Sungai Citanduy).

Kegiatan yang digagas kelompok Eco Village Tirta Gangga Desa Tanjungkerta ini bersinergi dengan Karang Taruna Bakti Godebag (Suryalaya), Kelompok Pecinta Alam SMK (Kompak), Himpunan Mahasiswa Pecinta Alam Latifah Mubarokiyah (Himalaya), Racana (IAILM) dan Komunitas Putih Abu Ciawi.

 

Baca : SMK YSB Suryalaya Dorong Siswa Jadi Entrepreneur

 Koropak.co.id - Spirit Geber Suci Menggema di Hari Sumpah Pemuda (2)

 

Baca : SMK SYB Suryalaya Jadi SMK Pencetak Wirausaha

 

Ketua Karang Taruna Bakti Godebag, Ambar menuturkan kegiatan yang digelar pada Sabtu (27/10/2018) ini dilaksanakan di Sungai Citanduy yang berlokasi di sekitar Kompleks Pondok Pesantren Suryalaya, dengan mengangkat sampah dari Sungai Citanduy sebab sampah berpotensi menyebabkan terjadinya banjir saat volume air Sungai Citanduy naik tatkala musim penghujan tiba.

"Tujuannya, selain untuk menjaga alam, kegiatan yang dilakukan dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda ini bertujuan agar semua masyarakat tergerak jiwa dan raganya untuk sadar akan lingkungan, serta mengingat kembali esensi dari sumpah pemuda yang sebenarnya," ucap Ambar.


Baca : Wisuda IAILM dan STIELM Suryalaya

 Koropak.co.id - Spirit Geber Suci Menggema di Hari Sumpah Pemuda (3)

 

Baca : STIELM Suryalaya Jalin Kerjasama Dengan Bank Indonesia

 

Hal senada disampaikan Odin Tohidin, Ketua Eco Village Tirta Gangga. Menurutnya, Geber Suci menjadi upaya antisipasi dini potensi banjir sejak awal musim penghujan

"Semoga, selepas ini, Geber Suci menjadi sebuah budaya rutin yang dilaksanakan masyarakat setempat demi menjaga Sungai Citanduy dari sampah. Dengan demikian, potensi bencana banjir dapat diantisipasi sejak dini," ucap Odin.*


Baca : LDTQN Suryalaya Gelar Upgrading I Angkatan 46

 


Berita Terkait