Pengurangan PPh Dongkrak Daya Tarik Investor

Jum'at, 02 November 2018 18:16 Eris Kuswara Parlemen

Pengurangan PPh Dongkrak Daya Tarik Investor

 

Koropak.co.id - DPRD Kota Tasikmalaya menggelar Rapat Paripurna ke-6 dengan agenda Penyampaian Rancangan Peraturan Daerah tentang Perubahan Ketiga Atas Peraturan Daerah Kota Tasikmalaya Nomor 4 Tahun 2011 tentang Pajak Daerah, sekaligus Pembentukan Alat Kelengkapan Pembahas Rancangan Peraturan Daerah, di Ruang Rapat Paripurna DPRD Kota Tasikmalaya, Jumat (2/11/2018).

Rapat paripurna ke-6 tersebut dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Kota Tasikmalaya H Agus Wahyudin, yang turut dihadiri oleh Walikota Tasikmalaya Drs H Budi Budiman, Wakil Ketua DPRD Kota Tasikmalaya Muslim S.Sos dan H Nurul Awalin.

Walikota Tasikmalaya, Drs H Budi Budiman mengatakan Pemerintah Kota Tasikmalaya mengusulkan Raperda perubahan tentang Pajak Daerah karena selama ini dari tahun 2015 lalu, Perda Pajak Daerah berpatokan pada rekomendasi BPK RI.

 

Koropak.co.id - Pengurangan PPh Dongkrak Daya Tarik Investor 1

 

Baca : WTP Harus Mampu Tingkatkan Pelayanan Publik

Dilakukan pula pemerataan akuntabilitas, dalam rangka peningkatan pendapatan daerah. Dikarenakan Pemerintah Kota Tasikmalaya akan melihat objek-objek di lapangan yang sudah berubah.

"Dikarenakan objek di lapangan sudah berubah, contohnya semakin banyaknya permukiman dan perumahan, jelas hal itu akan merubah penyerapan nilai objek pajak dan PBB-nya. Oleh karena itu, kami usulkan perubahan atas perda sebelumnya," ucapnya.

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Kota Tasikmalaya, Muslim S.Sos menuturkan dalam Raperda perubahan ini terdapat penyesuaian regulasi yang menyelaraskan dengan peraturan pemerintah pusat yang baru. Bahkan di dalamnya juga terdapat tarif PPh yang asalnya 5 persen kini menjadi 2,5 persen.

"Memang kalau dilihat dari segi PAD itu tidak terlalu signifikan, akan tetapi untuk menggairahkan pengusaha ditetapkanlah pengurangan tersebut. Semoga dengan adanya pengurangan PPh ini membuat investor bisa datang ke kota Tasikmalaya dan juga pihak-pihak pengusaha di Kota Tasikmalaya menjadi bergairah kembali," tutur Muslim.

 

Koropak.co.id - Pengurangan PPh Dongkrak Daya Tarik Investor 2

 

Lihat : Permasalahan Kota Metropolitan Jadi Ancaman

Dalam kesempatan itu, Kepala Badan Pengelolaan Pajak dan Retribusi Daerah (BPPRD) Kota Tasikmalaya, Drs. H. Achdiat Siswandi, M.Pd mengatakan dengan berubahnya nilai obyek pajak, tentunya hal tersebut akan cukup menguntungkan.

"Contohnya seperti dulu nilai jual tanah, misalnya harganya Rp 100 juta dan tiba-tiba kini naik menjadi Rp 1 miliar, maka itu semua akan cukup menguntungkan dikarenakan posisi tanah itu memiliki nilai jual yang sangat tinggi," ucapnya.

Jika dilihat, kata Achdiat, peningkatannya sangat signifikan hingga hampir mencapai 60 persen. Dengan demikian apabila nanti NJOP tanahnya meningkat ketika dibangun, maka itu juga akan bisa bertambah lagi. "Oleh karena itu, Raperda tersebut harus mengalami perubahan," ujar Achdiat.*


Lihat : Harapkan Kota Tasikmalaya Jadi Kota Berkemajuan




Berita Terkait