Kendaraan Operasinal Setwan Kembali Dipersoalkan

Minggu, 04 November 2018 17:11 D. Farhan Kamil Daerah

Kendaraan Operasinal Setwan Kembali Dipersoalkan

 

Koropak.co.id - Rencana penarikan empat unit mobil Toyota Hiace, yang merupakan kendaraan operasional Sekretariat DRPD/Sekretatriat dewan (setwan) oleh pihak eksekutif, sejatinya menjadi perhatian lembaga DPRD. Bukan hanya sorotan satu pihak komisi apalagi keputusan salah satu alat kelengkapan dewan, tetapi seharusnya menjadi bahasan bersama.

"Minimal kita akan mendorong komisi untuk menerbitkan nota komisi kepada pimpinan DPRD agar persoalan ini dibawa ke rapat Badan Musyawarah (Banmus), bagaimana sikap pimpinan dewan yang juga harus bertanya bagaimana sikap komisi-komisi lain. Dalam hal ini, kita tidak ingin ada sebuah kebijakan yang hanya merupakan keputusan salah satu lembaga tertentu, misalnya keputusan pimpinan dewan semata. Artinya kesepakatan di Banmus itu mencerminkan keputusan lembaga yang kolektif kolegial yang di dalamanya ada pimpinan dewan termasuk pimpinan fraksi fraksi," kata anggota Komisi I DPRD Kabupaten Tasikmalaya, Usman Kusmana, M.Ag kepada Koropak, Minggu (04/11/2018).

 

Baca : Kendaraan Dinas Operasional Setwan Ditarik

 

Menurutnya, secara aturan normatif perdebatan terkait pengadaan empat mobil operasional komisi/Setwan itu sudah selesai pada saat rapat penyediaan anggaran.

"Pertanyaannya adalah kenapa sekarang menjadi sesuatu yang dipersoalkan? Kendaraan itu bukan kendaraan personal anggota. kendaraan itu adalah kendaraan operasional yang selama ini sangat menunjang kelancaran tugas-tugas komisi seperti ketika melakukan kunjungan ke daerah untuk melakukan monitoring atau evaluasi ke lapangan, termasuk kunjungan ke kecamatan kecamatan. Sedangkan untuk urusan silaturahim menyapa konstituen misalnya termasuk rapat di kantor, para anggota dewan tidak pernah menggunakan kendaraan tersebut," tuturnya.

Ditanya soal alasan eksekutif merencanakan menarik keempat kendaraan operasional tersebut, Usman mengaku tidak tahu. "Alasannya belum jelas. Maka pimpinan dewan harus segera mengajak semua fraksi untuk mengambil sikap bersama," ucapnya.*

 

Baca : Ketua KPU Kabupaten Tasikmalaya Serahkan Mobil Dinas


Berita Terkait