Dewan Masjid Serahkan Bantuan untuk Korban Palu

Senin, 05 November 2018 18:15 D. Farhan Kamil Daerah

Dewan Masjid Serahkan Bantuan untuk Korban Palu


Koropak.co.id - Kepedulian masyarakat terhadap korban gempa dan tsunami Palu serta Donggala ternyata belum surut, kali ini datang dari keluarga besar PD DMI Kabupaten Tasikmalaya yang akan segera diserahkan kepada para korban melalui Dinas Sosial Kabupaten Tasikmalaya.

"Hari ini kita serahkan seluruh bantuan yang telah kita tampung kepada pihak Dinas Sosial melalui Kabid Penanganan Korban Bencana dan Pembinaan Sosial, Rahmat Zenal Mutakin, untuk kemudian didistribusikan kepada para korban," kata Ketua PD DMI Kabupaten Tasikmalaya KH. Dede Saeful Anwar, melalui Sekretaris PD DMI Kabupaten Tasikmalaya, Afan, S.HI, Senin (5/11/2018).

Adapun bentuk bantuan yang telah diserahkan kepada pihak Dinas Sosial sesuai dengan berita acara serah terima uang dan barang nomor 69/PD-DMI/TSM/XI/2018 terang Afan, yaitu berupa uang sebesar Rp 23.070.000 dan pakaian layak pakai sebanyak 10 karung. "Itu semua kami tampung selama kurun waktu sebulan penuh dari jajaran pengurus PD DMI dan seluruh PC DMI di Kabupaten Tasikmalaya termasuk majelis taKlim Baiturrahman Kabupaten Tasikmalaya serta warga Salawu melalui MUI Desa Karangmukti," paparnya.

 

Koropak.co.id - Dewan Masjid Serahkan Bantuan Untuk Korban Palu (2)

 

Baca : DMI Kabupaten Tasikmalaya Bangun Kesepahaman


Aksi pengumpulan dana bantuan untuk korban gempa dan tsunami Palu tersebut, sesuai himbauan dari PW DMI Jawa Barat yang kemudian dilaksanakan serentak di seluruh DMI di Provinsi Jawa Barat.

"Awalnya, bantuan ini akan kita serahkan langsung ke Kota Palu melalui Lanud Wiriadinata, tetapi kemudian ada kebijakan lain dari Wakil Bupati Tasikmalaya, H. Ade Sugianto, agar bantuan diserahkan ke para korban gempa/tsunami Palu serta Donggala warga asal Kabupaten Tasikmalaya melalui Dinas Sosial, yang kini telah kembali ke kampung halaman masing-masing," tuturnya.

Ditambahkan, berdasarkan data yang diterima DMI, warga asal Kabupaten Tasikmalaya yang menjadi korban bencana di Palu dan Donggala, sebanyak 112 orang. 67 orang merupakan warga Kecamatan Sukaresik, 43 orang warga Kecamatan Sodonghilir dan 2 orang warga Kecamatan Rajapolah.

"Saat ini, mereka dikabarkan tinggal di rumah-rumah saudaranya. Kita juga akan menelusuri keberadaan para korban tersebut sebagaimana ditugaskan oleh Ketua PD DMI Kabupaten Tasikmalaya dan mendatanya secara detil,"
kata Afan.*

 

Baca : DMI Kabupaten Tasikmalaya Apresiasi Rekor Dunia