Kades Sindanglaya Bangun Jalan Lingkungan dan TPT

Senin, 05 November 2018 23:10 Dedi Sofwan Desa

Kades Sindanglaya Bangun Jalan Lingkungan dan TPT


Koropak.co.id -Untuk mendukung distribusi hasil pertanian padi di Blok Pasir Candra, Kampung Balandongan RW 06, Desa Sindanglaya, Kecamatan Karangpawitan, Kabupaten Garut, Pemerintah Desa Sindanglaya membangun jalan lingkungan dan tembok penahan tebing (TPT). Dengan menggunakan Dana Desa (DD) tahap III, tahun 2018. 

Kepala Desa Sindanglaya, Nina Marlina mengatakan, pengerjaan jalan lingkungan tersebut dibangun di atas pematang sawah dengan panjang 400 meter, lebar 2 meter dan tinggi 70 centi meter. Sedangkan untuk TPT sendiri dibangun dengan panjang 800 meter (kiri-kanan/berhadapan), tinggi 70 centi meter.

Menurut Nina, apabila tiba musim panen, selama ini para petani selalu kesulitan dalam pendistribusian hasil panennya. "Salah satu penyebabnya adalah tidak adanya akses jalan yang bisa dilalui sepeda motor," ujar Nina saat ditemui Koropak di lokasi pembangunan, Senin (5/11/2018).

 

Baca : PATM Dibangun di Desa Sindangsari

 

Koropak.co.id - Kades Sindanglaya Bangun Jalan Lingkungan dan TPT (2)

 

Baca : Desa di Kabupaten Garut Raih Penghargaan Proklim

Agar bisa mencapai jalan utama terang dia, para petani harus berjalan kaki sambil memikul hasil panen sejauh 3 kilo meter. "Dengan adanya jalan lingkungan ini, otomatis motor bisa masuk dan para petani lebih efektif serta efisien untuk mendistribusikan hasil panennya," tuturnya.

Sementara itu, Camat Karangpawitan, Rena Sudrajat saat dihubungi melalui telepon seluler menyampaikan apresiasinya kepada Kepala Desa Sindanglaya beserta Pendamping Desa dan seluruh aparatur pemerintahan Desa Sindanglaya yang sedang melaksanakan pembangunan.

Ia pun mewanti-wanti kepada para Kades khususnya yang ada di wilayah Kecamatan Karangpawitan, agar dalam menggunakan DD harus sesuai dengan peruntukannya.*

 

Baca : Kades Simpang Cikajang Diduga Gelapkan Dana Desa