Hujan Deras, Dua Desa di Garut Longsor

Selasa, 06 November 2018 19:56 Dedi Sofwan Desa

Hujan Deras, Dua Desa di Garut Longsor

 

Koropak.co.id - Intensitas hujan yang cukup tinggi sejak Senin (5/11/2018) kemarin mengakibatkan terjadinya tanah longsor di dua desa di Garut, yakni di Kampung Cisalam Desa Bojong Kidul Kecamatan Pameungpeuk, dan di Kampung Cigentur Desa Cisewu Kecamatan Cisewu Kabupaten Garut. Longsoran terjadi pada Selasa (6/11/2018) dini hari.

Danramil 1119/Pamengpeuk, Kapten Inf Udin Saepudin menyampaikan material longsoran di Kampung Cisalam Desa Bojong Kidul Kecamatan Pameungpeuk meliputi tanah, batu dan pohon yang tumbang, yang mengakibatkan tertutupnya Jalan Bojong Kidul sehingga menutup akses jalan menuju Kecamatan Pameungpeuk.

"Dalam musibah ini tidak ada korban jiwa," ucap Danramil kepada Koropak, melalui pesan singkat, Selasa (6/11/2018).

Dikatakan Danramil, dengan menggunakan alat seadanya, Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan Pameungpeuk beserta warga bergotong royong, membersihkan tanah dan batu yang menutupi jalan Bojong Kidul.

"Alhamdulillah sekarang, Jalan Bojong Kidul sudah bisa dilalui kembali walaupun kondisi jalan belum bersih 100 persen akibat longsoran tersebut," tuturnya.

 

Koropak.co.id - Hujan Deras, Dua Desa di Garut Longsor (2)

 

Baca : Empat Desa di Tasikmalaya Terendam Banjir

Sementara itu, longsoran yang terjadi di Kampung Cigentur Desa Cisewu, Kecamatan Cisewu Kabupaten Garut yang mengakibatkan 1 rumah permanen milik Nunuy dan 1 rumah panggung milik Wahyu terancam tertimbun longsor.

"Beruntung tidak ada korban jiwa dalam musibah ini. Kedua korban tersebut dievakuasi ke tempat yang aman dan barang-barang dari rumah korban langsung diamankan oleh warga," ucap Camat Cisewu, Doni Rukmana.

Doni menambahkan, pihaknya memberikan santunan terhadap korban longsoran melalui Gerakan Seribu Membangun Cisewu (Gerbang Cisewu).*

 

Baca : Banjir Bandang Tasikmalaya, 5 Orang Dinyatakan Hilang

 


Berita Terkait