Ribuan Warga Cipatujah Butuh Bantuan Sembako

Kamis, 08 November 2018 17:39 D. Farhan Kamil Daerah

Ribuan Warga Cipatujah Butuh Bantuan Sembako

 

 

Koropak.co.id - Menjawab keluhan warga terkena dampak musibah longsor di Kecamatan Cipatujah Kabupaten Tasikmalaya khususnya di beberapa kampung di Desa Ciandum, Pengurus Daerah Dewan Masjid Indonesia (PD DMI) Kabupaten Tasikmalaya melakukan aksi cepat tanggap darurat dengan menyalurkan bantuan berupa 200 kilo gram beras yang diterima langsung oleh Camat Cipatujah H.E.Agus Muslim, S.Pd., M.Si di Kantor Kecamatan Cipatujah, Kamis (8/11/2018).

"Alhamdulillah kita hari ini bisa menyalurkan bantuan beras bagi para korban terkena dampak banjir di Kecamatan Cipatujah. Kita pun sedang mempersiapkan penyaluran beras bantuan dengan jumlah yang sama bagi para korban bencana banjir di Kecamatan Karangnunggal," papar Ketua DMI Kabupaten Tasikmalaya, KH. Dede Saeful Anwar, M.Si.

 

Koropak.co.id - Ribuan Warga Cipatujah Butuh Bantuan Sembako (2)

 

Baca : DMI Kabupaten Tasikmalaya Serukan Qunut Nazilah


Sementara itu, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tasikmalaya, H. Wawan R Effendi mengakui, dari sekian banyak titik terkena dampak bencana banjir maupun longsor di tiga kecamatan, ada beberapa titik yang tersebar di Kecamatan Cipatujah terutama di Kecamatan Culamega yang belum tersentuh bantuan akibat akses jalan terhambat.

"Pasca kejadian bencana, kita dari BPBD dan tim relawan lainnya terus melakukan upaya evakuasi para korban dari lokasi yang terendam banjir ke tenda tenda yang telah disiapkan termasuk pemulihan infrastruktur jalan yang tertutup material longsor serta menyalurkan bantuan berupa 280 paket sembako sesuai data dari pihak kecamatan," tutur Wawan.

Adapun catatan jumlah korban bencana longsor di wilayah Kecamatan Cipatujah, Camat Cipatujah, Agus Muslim menyebutkan, dari delapan desa tercatat ada 720 KK, dengan jumlah warga sebanyak 1.774 warga dan paling banyak adalah warga Desa Ciandum.

"Adapun jumlah kerusakan rumah akibat longsor bandang sesuai catatan sampai dengan hari Kamis sore ini, sebanyak 86 rumah rusak ringan, 101 rumah rusak sedang dan sebanyak 72 rumah rusak berat," katanya.*

 

Baca pula : Wabup Tasikmalaya Tampung Jeritan Warga

 


Berita Terkait