Kerjasama Pengembangan Sabut Kelapa Sangat Potensial

Sabtu, 10 November 2018 17:49 Clara Aditia Desa

Kerjasama Pengembangan Sabut Kelapa Sangat Potensial


Koropak.co.id - Dalam kegiatan kunjungan menerima rombongan Pemerintah Desa Karangkamulyan ke PT Rekadaya Multi Adiprima (RMA) di Jalan Ciangsana Raya Nomor 55 Bogor, Jumat (9/11/2018), Head of Acount Development PT Astra Mitra Ventura, Reyuko Syahrudin menyambut baik kerjasama strategis antara PT RMA dengan Desa Karangkamulyan.

Menurutnya, kerjasama tersebut menunjukan spirit kebersamaan untuk bersama-sama mengembangkan olahan sabut kelapa menjadi produk berkualitas yang dibutuhkan pasar nasional dan ekspor.

"PT RMA sudah lama menjadi mitra kami, seiring dengan produk-produknya yang berkualitas. Adanya kerjasama PT RMA dengan masyarakat Desa Karangkamulyan untuk mengembangkan olahan sabut kelapa, kami sangat menyambut baik. Ini merupakan bagian dari development untuk melakukan pemberdayaan kepada masyarakat," kata Yuko kepada Koropak.

 

Koropak.co.id - Kerjasama Pengembangan Sabut Kelapa Sangat Potensial (3)

 

Baca : Ciamis Akan Jadi Contoh Kebersamaan Industri dengan Masyarakat

Tampak hadir dalam penerimaan kunjungan tersebut, Asisten Daerah I Bidang Pemerintahan Umum Kabupaten Ciamis Adang Sudrajat, Kepala Desa Karangkamulyan Muhamad Abdul Haris, Camat Cijeungjing Deni Tisnawan, jajaran perangkat Desa Karangkamulyan, pengurus Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Karangkamulyan, serta warga pengrajin sabut kelapa.

"Ini merupakan langkah positif, di mana kerjasama PT RMA dapat menyentuh masyarakat secara keseluruhan. Ciamis menjadi titik start untuk pengembangan sinergitas industri dan daerah ini. Adapun olahan sabut kelapa yang terus dikembangkan, merupakan langkah inovatif. Kami menilai, sabut kelapa yang diolah PT RMA sangat efektif dan efisien untuk memenuhi kebutuhan produk-produk Astra, khususnya di bidang otomotif," ujar Yuko.

 

Koropak.co.id - Kerjasama Pengembangan Sabut Kelapa Sangat Potensial (2)

 

Baca : Pemkab Ciamis Dukung Pengembangan Sabut Kelapa Karangkamulyan

Dijelaskan Yuko, PT RMA terus melakukan riset dan pengembangan bahan baku sabut kelapa demi menciptakan produk yang berkualitas bagus. Dukungan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) terhadap PT RMA dalam melakukan riset dan pengembahan bahan baku sabut kelapa, merupakan dukungan strategis guna mendorong PT RMA mampu menciptakan produk berbahan baku sabut kelapa dengan kualitas yang sangat baik.

"Kami percaya, soal kualitas, PT Rekadaya sudah ada basic. Sudah bertahun-tahun menjadi mitra kami dalam penyediaan komponen untuk kebutuhan Astra Grup. Terkait wacana pengembangan bahan baku sabut kelapa, kami harapkan PT RMA mampu menciptakan produk berkualitas yang melebihi komponen sebelumnya," kata Yuko.

Yuko juga berharap kebersamaan industri dan masyarakat tersebut, dapat memajukan masyarakat di perdesaan, dengan goals, industri berkembang, ekonomi membaik, dan masyarakat terbantu untuk mandiri.

"Ini harus kita dukung. Karena kita yakin, misi untuk memberdayakan masyarakat ini adalah misi yang mulia. jika di Ciamis berhasil, perkembangan tidak hanya di satu titik, tapi akan meluas ke seluruh titik di Indonesia," kata Yuko.*

 

Baca : Kerjasama Sabut Kelapa, Inovasi Desa Karangkamulyan


Berita Terkait