Lolos Uji Standar, Sabut Kelapa Miliki Kualitas Tinggi

Sabtu, 10 November 2018 18:59 Dede Hadiyana Desa

Lolos Uji Standar, Sabut Kelapa Miliki Kualitas Tinggi


Koropak.co.id - Kerjasama PT Rekadaya Multi Adiprima (RMA) dengan Desa Karangkamulyan Kabupaten Ciamis dalam pengembangan olahan sabut kelapa diharapkan dapat meningkatkan produktivitas kelapa di Kabupaten Ciamis, serta menjadi penyuplai bahan baku produksi untuk perusahaan.

Seperti yang dijelaskan Development PT RMA Eko Suprihastono kepada Koropak di sela penerimaan rombongan Pemerintah Desa Karangkamulyan saat kunjungan ke PT RMA di Jalan Ciangsana Raya Nomor 55 Bogor, Jumat (9/11/2018).

"Kapasitas mesin yang ada di PT RMA dapat menghasilkan sekitar 6 ton per harinya untuk kebutuhan proses produksi. Untuk kebutuhan bahan baku sendiri, selama ini masih disuplai dari Kabupaten Pangandaran. Dengan adanya kerjasama PT RMA dengan Kabupaten Ciamis, akan meningkatkan ketersediaan bahan baku sabut kelapa untuk produksi di PT RMA," ucapnya.

Untuk alur produksi, kata Eko, sabut kelapa diproses menggunakan mesin seat, yang kemudian diproses kembali dengan mesin press yang disesuaikan dengan kebutuhannya. Misalnya material keras untuk pembuatan meja, yang tentunya akan diproduksi sesuai spek standar yang dibutuhkan mulai dari tingkat kekerasan, tingkat ketebalan, dan kualitas.

 

Koropak.co.id - Lolos Uji Standar, Sabut Kelapa Miliki Kualitas Tinggi (2)

 

Baca : Kerjasama Sabut Kelapa Inovasi Desa Karangkamulyan

Adapula hasil dari olahan berbahan baku sabut kelapa tersebut yakni peredam suara ruangan, yang banyak dipakai untuk peredam gedung. Peredam akan dipasang dengan ukuran yang disesuaikan dengan kebutuhan. Tidak terkecuali estetika di gedung itu sendiri agar dapat lebih cantik lagi.

Selain peredam, barang yang berbahan baku sabut kelapa ini dapat menjadi pengganti Hardboard yang selama ini bahan tersebut diimport dari luar negeri.

"Sabut kelapa ini juga digunakan sebagai material untuk kendaraan roda empat. Seperti pada Doortrim yang sebelumnya menggunakan Hardboard, sekarang dengan bahan sabut kelapa yang materialnya lebih ramah lingkungan," katanya.

 

Baca : Indonesia Gudang Kelapa Dunia

Secara teknis, kata Eko, barang yang dibuat dengan bahan baku sabut kelapa, menghasilkan kualitas yang baik. Contohnya tambang kapal yang berbahan dari sabut kelapa. Tambang tersebut sangat kuat meski diterpa kadar asin air laut yang sangat tinggi.

"Produk olahan sabut kelapa yang dihasilkan PT RMA telah melalui beberapa tahapan pengujian. Sehingga kualitas yang dihasilkanpun lebih baik dari produk sejenis. Harapan kami dengan adanya kerjasama dengan Kabupaten Ciamis, kebutuhan bahan baku dapat terpenuhi sesuai dengan kebutuhan bahan baku produksi di PT RMA." ujarnya.*

 

Baca : Sabut Kelapa Siasati Bahan Baku Impor

 


Berita Terkait