JAWA BARAT TARGETKAN 2028 JADI PROVINSI LAYAK ANAK

Jum'at, 04 Agustus 2017 18:30 Didit Fauzi Provinsi

JAWA BARAT TARGETKAN 2028 JADI PROVINSI LAYAK ANAK

LAMPAUI TARGET NASIONAL TAHUN 2030

 

Koropak.co.id - Pemerintah Provinsi Jawa Barat mencanangkan Jawa Barat menjadi provinsi layak anak pada 2028. Target tersebut melampaui target nasional yang akan dicapai pada 2030 mendatang. Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan menuturkan target tersebut menjadi bukti optimisme Pemerintah Provinsi Jawa Barat untuh mengulang kesuksesan elektrifikasi yang berhasil melampaui target nasional pada 2016 lalu.

“Optimis target kami bukan sesuatu yang mustahil mengingat dari elektrifikasi listrik masuk rumah tangga, pada tahun 2016 kami sudah mencapai 97 persen. Padahal target nasional pada 2018 mencapai 84 persen. Alhamdulillah kami lebih dulu mencapai elektrifikasi,” ujar Aher saat membuka acara puncak peringatan Hari Keluarga Nasional ke 24 dan Hari Anak Nasional Tingkat Provinsi Jawa Barat 2017 di SOR Arcamanik, Bandung, Minggu (30/7/2017).* 

Baca : Kemnaker Luncurkan Kampanye Indonesia Bebas Pekerja Anak

 Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan menyampaikan sambutan pada puncak peringatan Hari Keluarga Nasional ke 24 dan Hari Anak Nasional Tingkat Provinsi Jawa Barat 2017 di SOR Arcamanik, Bandung


Baca : DPRD Provinsi Jabar Tegaskan Biaya Sekolah Bagi Siswa Kurang Mampu Gratis

Jadi, kata Aher, kalau Indonesia layak anak pada 2030 maka Jawa Barat harus lebih dahulu mencapai targetnya minimal dua tahun sebelumnya. Oleh karena itu, dicanangkan pada tahun 2028 Jawa Barat meraih predikat provinsi layak anak.

Aher menuturkan kabupaten/kota di wilayah Jawa Barat yang memiliki predikat layak anak mengalami peningkatan. Pada tahun 2015 terdapat enam kabupaten/kota, sedangkan pada 2017 menjadi 15 kabupaten/kota.

“Oleh sebab itu, kami menargetkan petumbuhan kabupaten/kota layak anak menjadi 20 wilayah. Lebih tinggi dari target nasional yang hanya 15 kabupaten/kota. Dari 15 kabupaten/kota, di tingkat nasional baru 13 kabupaten/kota, dan dua kabupaten/kota sudah kelas Nindya menuju kelas utama, yaitu Solo dan Denpasar,” ujarnya.

Baca : SMAN 10 Bandung Contoh Sekolah Ramah Anak
Baca : Seklarasi Sekolah Ramah Anak Di SMP 16 Kota Tasikmalaya

Aher mengimbau Jawa Barat agar tidak tertinggal oleh Solo dan Denpasar. Pihaknya pun menargetkan pada 2018 ke 15 kabupaten/kota di Jawa Barat meningkat menjadi kelas utama. “Dua kabupaten/kota yang ditargetkan menuju kelas utama adalah Kota Depok dan Kabupaten Bogor. Mudah-mudahan menuju kota layak anak tingkat utama menyusul Solo dan Denpasar. Tong eleh! Insya Alloh kita lebih hebat,” katanya.

Oleh karena itu, lanjut Aher, kabupaten/kota layak anak ini bisa dipertahankan dengan berbagai kinerja, sehingga dapat mendorong Provinsi Jawa Barat menjadi provinsi layak anak pada 2028 mendatang.*

 

Baca pula : Mendagri Apresiasi Kinerj Aher
Lihat video : KPAID Sambut Hari Anak Nasional

 


Berita Terkait