Pihak Rekanan Akan Kembali Dipanggil

Senin, 12 November 2018 21:08 D. Farhan Kamil Daerah

Pihak Rekanan Akan Kembali Dipanggil

 

Koropak.co.id - Kasi Penyidik Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jawa Barat, Yanuar Rezha Mohammad menyebutkan, sedikitnya ada 73 dokumen negara yang ditemukan dari Dinas PUPR Kabupaten Tasikmalaya, dan telah disita untuk dijadikan pelengkap bukti-bukti di Kejati Jabar.

"Kita temukan 73 dokumen penting berkaitan dengan pelaksanaan proyek pembangunan jalan dan jembatan Cisinga, mulai dokumen perencanaan sampai dengan dokumen pencairan, sejak tahun 2008 hingga tahun ini," papar Rezha, Senin (12/11/2018).

Selain dokumen berbentuk hard copy, 7 penyidik Kejati Jabar pun menyita 4 buah hard disk drive (HDD) ukuran 1 terra byte, yang digunakan pihak dinas menyimpan data-data penting terkait proyek tersebut.

 

Koropak.co.id - Pihak Rekanan Akan Kembali Dipanggil (2)

 

Ditambahkan, pasca penggeledahan itu, penyidik Kejati Jabar akan mengagendakan untuk memanggil kembali pihak rekanan. "Sebelumnya, pihak rekanan telah kita panggil dan dimintai keterangan sebagai saksi. Kita juga akan kembali memanggilnya, berikutnya kepala dinasnya akan kita panggil," katanya.

Seperti diberitakan sebelumnya, dalam kasus dugaan tindak pidana korupsi dalam pelaksanaan proyek jalan dan jembatan Cisinga, penyidik Kejati telah melakukan pengecekan ke lapangan.

Dari pengecekan yang melibatkan tenaga ahli tersebut, penyidik menemukan fakta-fakta antara lain, ada pengerjaan yang tidak sesuai spesifikasinya, terdapat sejumlah kerusakan pada bangunan fisik padahal baru saja dibangun dan terakhir adalah, pengerjaan proyek dilakukan oleh rekanan yang bukan pemenang tender alias disubkontrakkan.

"Dari hasil pemeriksaan dokumen-dokumen ini, termasuk pertibangan atas keterangan dari para saksi, kita akan segera tersangkakan," ucapnya.*

 

Baca : Dinas PUPR Kabupaten Tasikmalaya Digeledah Tim Penyidik Kejati