Satu Keluarga di Banjar Keracunan

Selasa, 13 November 2018 20:21 Dede Hadiyana Daerah

Satu Keluarga di Banjar Keracunan


Koropak.co.id - Satu keluarga di lingkungan Parung Lesang RT 01/ RW 10 Kelurahan Banjar Kota Banjar, Selasa (13/10/2018), keracunan akibat mengkonsumsi jamur yang ditemukan sang Nenek di kebun belakang rumahnya.

Jamur tersebut lantas diolah dan disajikan oleh sang nenek Siti Jamilah (58) untuk keluarganya. Namun, sekitar pukul 08.00 WIB keluarga yang telah mengkonsumsi jamur tersebut mengalami pusing, mual-mual, hingga muntah-muntah dan harus dilarikan ke RSUD Banjar.

Sang nenek Siti Jamilah menuturkan, saat menemukan jamur berwarna putih tersebut tidak jauh berbeda seperti jamur pada umumnya yang biasa dijual, hanya saja kondisinya tidak mulus dan sedikit rusak.

"Saya bawa dan saya olah dengan sayuran lainnya. Saat dikonsumsi, juga tidak ada hal yang ganjil. Tapi, setelah beberapa jam, baru terasa muali sampai muntah-muntah beberapa kali hingga saya dibawa ke sini," ujarnya.

 

Koropak.co.id - Satu Keluarga di Banjar Keracunan 2

Tidak hanya sang nenek, 5 korban lainnya yakni Ana Maria Rosati (40), Abdul Muhyi (16), Siti Maisaroh (15), Sarifah (8), termasuk sang nenek Siti jamilah (58) mengalami hal yang sama dan dilarikan ke RSUD Banjar.

Kapolres Kota Banjar AKBP Matrius SIK.,MH yang didampingi Kapolsek Banjar Kompol Dadi Suhendar,SH, langsung mendatangi para korban di RSUD Banjar setelah mendengar informasi keracunan tersebut.

"Diimbau kepada seluruh masyarakat agar lebih berhati-hati dalam mengkonsumsi khususnya jamur. Baiknya dipelajari terlebih dahulu jamur tersebut apakah beracun atau tidak. Jangan gegabah untuk mengkonsumsi sesuatu," ucap Kapolres.

Dilaporkan Kapolres, kondisi para korban berangsur membaik. Sedangkan sisa makanan jamur akan diperiksa lebih lanjut untuk kadar racun yang terkandung pada jamur tersebut.

"Sementara ini kita amankan Tempat Kejadian Perkara (TKP) menghindari hal-hal yang tidak diingingkan, dan sisa makanan yang dikonsumsi tersebut kita periksa lebih lanjut," katanya.*

 

Baca pula : Korban Miras Oplosan Alami Kebutaan

 


Berita Terkait