Gala desa 2018, Gali Potensi Atlet dari Kabupaten Tasikmalaya

Selasa, 13 November 2018 22:29 D. Farhan Kamil Desa

Gala desa 2018, Gali Potensi Atlet dari Kabupaten Tasikmalaya


Koropak.co.id - Prosesi pembukaan Gala Desa tahun 2018 di halaman Setda Kabupaten Tasikmalaya, berlangsung semarak. Para atlet perwakilan masing masing desa dibawah kontingen kecamatan menampilkan beragam atraksi seperti sisingaan, pencak silat, angklung buncis dan sejumlah penampilan seni Sunda lainnya.

Kasubdit Pengembangan Olahraga Pendidikan Tinggi, Kementrian Pemuda dan Olahraga, Puji Rahayu mengaku bangga dengan apa yang baru saja disaksikan dari para atlet Kabupaten Tasikmalaya dalam acara pembukaan Gala Desa tahun 2018 di Kabupaten Tasikmalaya, Selasa (13/11/2018).

Semarak masyarakat perwakilan desa di Kabupaten Tasikmalaya di acara pembukaan Gala Desa ini, menunjukkan semangat masyarakat untuk berpartisipasi dalam ajang perlombaan Gala Desa yang dicanangkan Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia.

"Tentu ada kebanggaan dan sangat terhibur saat menyaksikan semarak masyarakat dalam rangka pembukaan Gala Desa. Semarak ini, menjadi gambaran semangat para atlet di setiap desa yang akan mengikuti sejumlah perlombaan dan berprestasi di Gala Desa," ucapnya.

 

 Koropak.co.id -  Gali Potensi Atlet dari Kabupaten Tasikmalaya (2)

 


Dikatakan, dari enam cabang olah raga yang diperlombakan dalam Gala Desa yakni, bulu tangkis, tenis meja, sepakbola, sepak takraw, atletik dan volly ball, hanya empat cabang olah raga yang akan dilombakan dalam program Gala Desa di Kabupaten Tasikmalaya, yaitu bola volly, sepak takraw, atletik dan tenis meja.

Ditambahkan, Gala Desa ini merupakan program Kemenpora dan tahun ini merupakan Gala Desa tahun kedua. "Kabupaten Tasikmalaya ditunjuk oleh Kemenpora sebagai salah satu Kabupaten dari 156 kabupaten/kota di Indonesia, yang melaksanakan Gala Desa tahun 2018. Ini kesempatan bagi Pemkab Tasikmalaya untuk menangkap potensi potensi olah raga dari setiap desa, pada empat cabang olah raga tersebut," tuturnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Tasikmalaya, H. Asep Saeful Bachri mengatakan, dengan Gala Desa ini, diharapkan dapat merangsang tumbuhnya bibit atlet berprestasi yang berangkat dari desa untuk dibina dan dikembangkan menjadi atlet berprestasi baik di tingkat provinsi maupun nasional.

"Kita menangkap banyak potensi atlet hebat di Kabupaten Tasikmalaya ini. Mudah mudahan melalui Gala Desa ini potensi itu menjadi prestasi di kemudian hari," ujarnya. Seraya menambahkan, seluruh atlet pada Gala Desa ini harus mewakili desanya sendiri. Alias tidak bisa berlomba untuk mewakili desa lain.*

 

Baca : Kabupaten Tasikmalaya Ditunjuk Kemenpora