Tuntas, Pangdam III Tutup TMMD Garut

Rabu, 14 November 2018 14:43 Dedi Sofwan Desa

Tuntas, Pangdam III Tutup TMMD Garut


Koropak.co.id - Panglima Komando Daerah Militer (Pangdam) III/Siliwangi, Mayor Jenderal (Mayjen) Besar Harto Karyawan secara resmi menutup TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-103 tahun 2018, melalui upacara penutupan TMMD yang digelar di Lapangan Gadog, Kampung Sanghiyang, Desa Pancasura, Kecamatan Singajaya, Selasa (13/11/2018).

Dalam sambutannya, Pangdam III/Siliwangi Mayjen Besar Harto Karyawan menuturkan sejak diresmikan pada 15 Oktober 2018 lalu, kegiatan TMMD ke-103 menjadi media membangun kebersamaan antara prajurit TNI, anggota Kepolisian, pemerintah daerah, serta segenap komponen masyarakat, untuk bersama-sama mewujudkan pembangunan sarana fisik dan non fisik.

"Sasaran kita ada 50 desa di 50 Kabupaten/Kota di seluruh Indonesia. Dari segi pembangunan fisik, secara nasional kita telah melaksanakan pembangunan infrastruktur perdesaan, berupa pembangunan lebih dari 52 km jalan baru, serta peningkatan badan jalan dengan panjang total 326 km," katanya.

 

Koropak.co.id - Tuntas, Pangdam III Tutup TMMD Garut (3)

 

Baca : TMMD Ditinjau Tim Wasev Mabes TNI

Pembangunan lainnya, kata Pangdam, meliputi pembangunan dan rehabilitasi puluhan jembatan, rumah ibadah dan sekolah, perbaikan rumah tidak layak huni, dan pembangunan sarana sanitasi untuk masyarakat.

"Untuk sektor non fisik, kami menggandeng Kementerian Dalam Negeri, memberikan penyuluhan dan pelatihan kepada aparat desa, guna meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dalam mengelola dana desa," katanya.

Bahkan, lanjut Pangdam, pihaknya juga telah melaksanakan berbagai pelatihan, mulai dari penyuluhan kesehatan, metode bertani dan beternak modern. Tidak terkecuali sosialisasi hukum, bahaya narkoba, serta kesadaran Bela Negara.

Hasil pantauan Koropak, TMMD di Kabupaten Garut telah menghasilkan pembangunan akses jalan baru yang menghubungkan antara Desa Pancasura dan Desa Cigintung dengan panjang 1.750 meter serta lebar 3 meter.

Dibangun pula jembatan beton dengan panjang 12 meter dan lebar 5 meter, Tembok Penahan Tebing (TPT) panjang 200 meter, tujuh gorong-gorong, serta renovasi Masjid dan Pesantren Manarul Huda.*


Baca : 3 Hari Lagi, TMMD Kodim Garut Tuntas

 


Berita Terkait