Pemprov Jabar Cepat Tanggap Atasi Bencana

Rabu, 14 November 2018 17:21 Dede Hadiyana Provinsi

Pemprov Jabar Cepat Tanggap Atasi Bencana


Koropak.co.id - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengimbau kepada masyarakat Jawa Barat untuk tetap waspada menghadapi ancaman bencana yang mulai menerjang wilayah Jawa Barat, seiring dengan cuaca hujan deras yang terus mengguyur.

"Menurut sejarahnya, 60 persen bencana hidrologis Indonesia itu adanya di Jawa Barat. Memang dari zaman baheula sampai sekarang selalu ada bencana. Entah itu air yang meluap, hingga tanah longsor karena hujan," ujar Emil di Gedung Sate Bandung, Senin (12/11/2018)

Oleh sebab itu, Emil meminta masyarakat untuk waspada, apalagi yang tengah melakukan perjalanan di saat hujan deras, karena Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jawa Barat menyatakan Siaga 1.

"Dua tim sudah kita kirim ke Gentong Kabupaten Garut dan Naringgul Kabupaten Cianjur yang terkena longsor kemarin. Semoga dalam dua hari ini selesai. Jembatan di Cipatujah juga sudah hampir selesai," katanya.

 

Koropak.co.id - Pemprov Jabar Cepat Tanggap Atasi Bencana (2)


Baca : Jembatan Pasanggrahan Cipatujah Roboh

 

Dituturkan Emil, di Jawa Barat, wilayah yang saat ini mengalami bencana yakni Kabupaten Cianjur, Kabupaten Pangandaran, Kabupaten Tasikmalaya dan Kabupaten Garut. Quick Response dari pemerintah provinsi, kolaborasi dengan kewaspadaan dari masyarakat, menjadi kunci dalam menghadapi masalah kebencanaan seperti sekarang ini.

"Kami dapat laporan dari BPBD Provinsi Jabar, pembangunan jembatan bailey guna menggantikan sementara jembatan yang terputus oleh banjir bandang di Cipatujah Kabupaten Tasikmalaya, sudah hampir selesai. Dinas Sosial pun telah mengirimkan berbagai bantuan seperti makanan, peralatan evakuasi, sandang dan pangan kepada warga di daerah yang terkena bencana," ujar Emil.

Khusus pada bencana banjir di Bandung Raya, ucap Emil, Pemprov Jabar berencana mengadakan rapat dengan masing-masing kepala daerah untuk memulai proses sinkronisasi program yang bersamaan dengan pembentukan unit kerja Pemerintahan Bandung Raya sesuai Perpres cekungan Bandung.

"Jadi, jangan sampai Cimahi bikin anggaran sendiri, Pemkot Bandung bikin anggaran sendiri, tapi teu nyambung. Hal itulah yang akan kita sinkronisasikan bersama," ucapnya.*

 

Baca : Jembatan Darurat di Cipatujah Segera Dibangun


Berita Terkait