BMKG Segera Perkuat Sistem Peringatan Dini Bencana

Rabu, 14 November 2018 17:48 Dede Hadiyana Nasional

BMKG Segera Perkuat Sistem Peringatan Dini Bencana

 

Koropak.co.id - Bencana alam yang melanda wilayah Indonesia akhir-akhir ini, mendorong Indonesia Regional Science Association (IRSA) menggandeng Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) untuk bersama menyiapkan strategi penguatan sistem peringatan dini bencana. Turut menggandeng pula Australia National University (ANU) dan Lembaga Penyelidikan Ekonomi dan Masyarakat (LPEM-UI).

Hal itu tercetus dalam kegiatan seminar yang digelar di Auditorium ruang LPEM-FEB Universitas Indonesia, Selasa (13/11/2018). Dijelaskan Kepala BMKG Prof Ir Dwikorita Karnawati, M.Sc. Ph.D, seminar tersebut bertujuan untuk mengkaji sistem peringatan dini cuaca, iklim, dan gempa bumi, sebagai evaluasi untuk menyusun langkah-langkah dalam meningkatkannya.

"Proses kerja Sistem Peringatan Dini Bencana yang dimiliki oleh BMKG sekarang merupakan sistem peringatan dini cuaca, iklim, sampai gempa bumi. Melalui forum ini, BMKG bisa melakukan sharing ilmu yang nantinya bisa bermanfaat untuk pembangunan infrastruktur," ujarnya.

 

Baca : BMKG Ingatkan Potensi Curah Hujan Meningkat

Dalam seminar yang mengangkat tema "Kebencanaan di Indonesia : Dari Sistem Peringatan Dini Hingga Proses Pembangunan Kembali" itu, Dwikorita juga memaparkan uraian perumusan kebijakan nasional di bidang meteorologi, klimatologi, dan geofisika terkait potensi kebencanaan yang terjadi di Indonesia.

"Kita perlu merumuskan bagaimana pelaksanaan penyebaran informasi mengenai sistem peringatan dini kebencanaan kepada instansi-instansi terkait," ujarnya.

Dijelaskan Dwikorita, ke depan dibutuhkan kajian lebih lanjut mengenai resiko bencana dan tata ruang di suatu daerah untuk keselamatan dan keberlanjutan peradaban.

"Diperlukan juga pelatihan-pelatihan, karena sistem peringatan dini juga harus diperkuat oleh aspek sosial kelembagaan," katanya.*

 

Baca : BMKG Gelar Sekolah Lapangan Iklim

 


Berita Terkait