PPP Sepakat Jadi Partai Oposisi

Sabtu, 17 November 2018 12:46 D. Farhan Kamil Parlemen

PPP Sepakat Jadi Partai Oposisi

 

Koropak.co.id - Sudah cukup merasakan asam manis, pahit getir menjadi pendukung penguasa selama dua periode, Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Kabupaten Tasikmalaya sebagai partai pengusung pasangan H.Uu Ruzhanul Ulum - H. Ade Sugianto (HUDA) jilid 1 dan partai pendukung HUDA jilid 2, menyatakan sikap menjadi partai oposisi di parlemen.

"Kita di internal fraksi sudah sepakat untuk memosisikan diri di parlemen ini sebagai oposisi. Kita butuh suasana baru agar pemerintahan ini lebih baik ke depan, bersih dari setiap permupakatan dan praktek kotor. Cukup sudah contoh-contoh yang kita saksikan hari ini, bagaimana kondisi pemerintahan jika parlemen terkooptasi oleh kepentingan penguasa," papar anggota Fraksi PPP, Dr.H.Basuki Rahmat, M.Si, Jumat (16/11/2018).

Kehadiran oposisi dalam sebuah pemerintahan adalah sesuatu yang wajib, sebagai penyeimbang politik. "Kita tahu betul bahwa kekuasan cenderung untuk disalahgunakan dan kekuasaan mutlak pasti dipersalahgunakan sebagaimana diutarakan Lord Acton, Power tends to corrupt, absolute power corrupts absolutely," ujarnya.

Selain dilandasi semangat untuk menjadi penyeimbang politik di pemerintahan, sikap oposisi yang dilakukan PPP adalah bagian dari bentuk pengejawantahan kekecewaan yang terakumulasi sejak pelantikan anggota DPRD Kabupaten Tasikmalaya pada tahun 2014 lalu.

"Kita sudah cukup bersabar dengan apa yang telah kita rasakan selama ini. Cenderung kita ini ditinggalkan dan sering tidak dilibatkan dalam setiap kebijakan strategis politis di pemerintahan ini. Maka hari ini kita bangun kekuatan untuk tidak lagi beraliansi dalam kekuasaan yang mengarah kepada kekuasaan absolut. Oposisi bukan berarti merecoki tetapi lebih kepada penyeimbang politik pemerintah yang dikerumuni kekuatan partai-partai politik dan bermesraan di dalamnya," tuturnya.

Ditanya apakah sikap oposisi itu ditunjang karena dalam kekuasaan hari ini tidak ada representasi PPP sebagai pemegang tampuk kekuasaan pasca ditinggalkan Uu Ruzhanul Ulum yang kini menjadi Wakil Gubernur Jawa Barat? Basuki menyebutkan, itu juga salah satu alasan PPP menjadi partai oposisi bagi pemerintah yang saat ini dinakhodai Pak Ade Sugianto. "Kita segera deklarasikan," ucapnya.*

 


Berita Terkait