Hari Kesehatan Nasional, Ajang Kampanye Hidup Sehat

Senin, 19 November 2018 18:41 Dedi Sofwan Daerah

Hari Kesehatan Nasional, Ajang Kampanye Hidup Sehat

 

Koropak.co.id - Bupati Garut H Rudy Gunawan memimpin apel gabungan dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional. Dalam apel yang digelar di Lapangan Setda Kabupaten Garut, Senin (19/11/2018) itu, Bupati membacakan amanat Menteri Kesehatan Republik Indonesia dengan tema “Ayo Hidup Sehat, Mulai Dari Kita”.

"Dengan tema tersebut diharapkan seluruh lapisan masyarakat dapat melaksanakan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat atau PHBS, yang efeknya dapat meningkatkan derajat kesehatan masyarakat Indonesia," tutur Bupati.

Saat ini, kata Bupati, Indonesia masih menghadapi tantangan permasalahan kesehatan, di antaranya masih tingginya angka kematian ibu, tingginya angka kurang gizi, serta tingginya penyakit menular dan tidak menular.

“Saya ingatkan pada para kepala dinas dan kepala puskesmas agar mengerahkan seluruh potensi yang dimiliki, dalam rangka menyelesaikan permasalahan kesehatan di daerah masing-masing,” ucap Rudy.

Ditegaskan Bupati, puskesmas dan tenaga kesehatan harus mengambil peran mencerdaskan masyarakat untuk hidup sehat.

“Saat ini alokasi anggaran untuk bidang kesehatan yang disiapkan oleh pemerintah cukup besar, sehingga besar juga harapan agar permasalahan kesehatan tersebut dapat diselesaikan dengan sebaik-baiknya,” ujar Bupati.

Usai apel, Bupati Garut menyerahkan penghargaan ke beberapa puskesmas dan instansi yang berperan gemilang dalam mendongkrak derajat kesehatan di Kabupaten Garut, di antaranya Puskesmas Peundeuy sebagai Juara 1 FKTP berprestasi tingkat Jawa Barat dan Juara 2 FKTP berprestasi tingkat Nasional kategori Puskesmas kawasan terpencil, serta Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Garut sebagai Kemitraan Bidang Kesehatan.

 

Koropak.co.id - Hari Kesehatan Nasional, Ajang Kampanye Hidup Sehat (1)

 

Baca : Hari Kesehatan Nasional Dibuka Wakil Bupati Garut

Selain itu, Puskesmas Cibatu mendapat penghargaan tingkat nasional untuk kategori Puskesmas dengan Pelayanan Ramah Anak, Puskesmas Haur Panggung sebagai Puskesmas Pendamping Lomba Sekolah Sehat Tingkat Nasional, Forum Kabupaten Garut Sehat sebagai Penyelenggara Kegiatan Kabupaten Sehat dengan meraih Swasti Saba Padapa dan Swasti Saba Wiwerda tingkat nasional, Eulis Sewaras sebagai Tenaga Kesehatan Sanitarian Teladan tingkat Jawa Barat, dan Puskesmas Limbangan sebagai Puskesmas dengan akreditasi utama.

Atas prestasi yang diraih Baznas, Bupati Garut mengatakan penghargaan yang diserahkan merupakan bentuk apresiasi Pemkab Garut atas perhatian Baznas terhadap kesehatan warga masyarakat Garut dengan program "Garut Sehat"-nya.

”Ini apresiasi kita kepada Baznas yang sangat peduli terhadap kesehatan warga Garut melalui bantuan program Garut Sehat,” kata Bupati Garut

wakil Ketua 1 Baznas bidang Pengumpulan, Abdullah Effendi menyampaikan terimakasih atas apresiasi yang diberikan oleh Pemkab Garut.

”Menyikapi soal kesehatan, Baznas memiliki berbagai kegiatan bantuan dalam membantu masyarakat di bidang kesehatan dalam program Garut Sehat. Kita terlibat juga dalam program ODF dengan memberikan bantuan pengadaan MCK, selain itu bantuan Ambulance gratis dan biaya pengobatan bagi masyarakat tidak mampu,” ujarnya.*

 

Baca : Bupati Tinjau Akses Penghubung Garut dan Kabupaten Tasikmalaya

 


Berita Terkait