Mengenal Lebih Jauh Teater Tubuh

Senin, 03 Desember 2018 17:53 Didit Fauzi Nasional

Mengenal Lebih Jauh Teater Tubuh


Koropak.co.id - Kehadiran teater dalam tubuh tentunya bukanlah sesuatu yang hadir begitu saja. Tubuh layaknya panggung yang memiliki dinding pembatas. Di sana pula tubuh akan memilih dan menimbang kehadirannya.

Hadir dengan seabreg narasi yang dibawa mulai dari keterkaikan dengan jiwa, pikiran, spiritual, serta bersentuhan dengan segala yang ada di hadapan, termasuk yang melekat di badan sampai pada apa yang tersimpan di tubuh itu sendiri, sehingga tubuh mudah memunculkan bahasa.

Demikian disampaikan Seniman yang juga aktor Teater Payung Hitam yang sudah lama berkecimpung dalam Teater Tubuh, Tony Broer kepada Koropak di Gedung Kesenian Kota Tasikmalaya, Senin (3/12/2018).

Tony Broer menuturkan menciptakan teater haruslah berasal dari dalam diri sendiri, sebab teater yang sebenarnya bukan berada di atas panggung, tapi ada saat latihan. Teater tubuh juga bukan untuk orang yang malas berolahraga karena fisik menjadi komponen utama teater tubuh.

 

 Koropak.co.id - Mengenal Lebih Jauh Teater Tubuh (2)

 

Baca : Putu Wijaya Sang Maestro Teater Tanah Air

"Teater tubuh mempunyai media berbeda dengan drama karena dalam drama mengandung bahasa Verbal,namun teater tubuh lebih kepada bahasa tubuh yang tidak semua orang bisa paham. Teater tubuh juga tidak selalu diidentikkan dengan pantomim, karena baik teater tubuh maupun pantomim merupakan seni mengolah tubuh yang berbeda," ujarnya

Dijelaskan Tony yang kini bergabung bersama Teater Mandiri binaan Putu Wijaya itu, dalam teater tubuh tidak akan dijumpai gerakan sulit dan beresiko, sebab teater tubuh tidak mungkin mementaskan aktor yang belum terlatih.

"Saya ingin orang lebih memahami bahwa seni olah tubuh dalam sebuah pementasan teater. Tubuh ibarat masakan yang enak tidaknya rasa dari masakan tersebut, harus dicoba. Jadi jika ingin mengerti bagaimana itu teater tubuh, kita harus terus menyuguhkan penampilan teater lebih sering agar pemahaman teater tubuh akan semakin meluas," ujarnya.*


Baca : Teater Cara Memaksimalkan Karunia Tuhan

 


Berita Terkait