Festival Putu Wijaya Tiba di Puncak Acara

Selasa, 04 Desember 2018 11:56 Clara Aditia Daerah

Festival Putu Wijaya Tiba di Puncak Acara

 

Koropak.co.id - Anugerah Budaya dan Festival Putu Wijaya yang digelar sejak 27 November 2018 akhirnya tiba di puncak acara. Tepat nanti malam, Selasa (4/12/2018), Gedung Kesenian Kota Tasikmalaya akan jadi saksi bisu penganugerahan dari insan seni untuk seorang maestro Putu Wijaya. Persembahan dari kota kecil Tasikmalaya untuk sosok besar Putu Wijaya.

Sebelumnya, akan digelar Sarasehan pukul 13.00-15.00 WIB yang akan menghadirkan Prof. Jakob Sumardjo dan Halim HD. Keduanya akan berbagi mengupas karya-karya Putu Wijaya. Sarasehan digelar untuk umum dan tidak dipungut biaya.

Selepas Sarasehan, kegiatan yang akan dihadiri Walikota Tasikmalaya Drs H Budi Budiman tersebut akan dilanjutkan dengan serangkaian seremonial, yang akan diawali Orasi Budaya dari Putu Wijaya yang mengupas tentang tontonan festival teater, serta potensi Kota Tasikmalaya dalam menyelenggarakan kegiatan ini. Dilanjutkan dengan penyerahan sejumlah cenderamata bagi sang maestro.

Selepas itu, kegiatan yang juga akan dihadiri aktivis Teater Jarum Kudus Asa Jatmiko, dan aktivis teater dari Bali Putu Satya Kusumah itu, akan dilanjutkan dengan pementasan Monolog dari Jais Darga, bintang film terkemuka di Indonesia yang saat ini memiliki galeri lukis di Prancis.

 

Baca : Putu Wijaya Sang Maestro Dunia Teater Tanah Air

 

Koropak.co.id - Festival Putu Wijaya Tiba di Puncak Acara 2

 

Baca : Menerabas Kemustahilan Perhelatan Budaya Skala Nasional

 

Usai monolog Jais Darga, kelompok teater binaan Putu Wijaya, Teater Mandiri akan tampil mementaskan naskah Peace. Di pengujung acara, kelompok Teater Payung Hitam Bandung yang sudah berkaliber internasional akan tampil mempersembahkan naskah Aduh karya Putu Wijaya.

Ketua Dewan Kesenian Kota Tasikmalaya Bode Riswandi menuturkan seluruh pementasan dari kelompok-kelompok teater yang berasal dari berbagai daerah itu, merupakan anugerah yang dipersembahkan untuk Putu Wijaya.

"Ini persembahan kami para insan seni budaya untuk Mas Putu Wijaya. Terimakasih atas dedikasi dan karya-karya Mas Putu Wijaya yang telah memberikan kemajuan di jagat teater Tanah Air," kata Bode.*

 

Baca : Godi Suwarna : Sang Maestro Menginspirasi Banyak Seniman

Baca : Zakaria Arifin : Seniman Malaysia Kagumi Putu Wijaya

 

 


Berita Terkait