IBU BELLA Organisasi Akhwat Ponpes Suryalaya

Sabtu, 15 Desember 2018 20:04 Dede Hadiyana Daerah

IBU BELLA Organisasi Akhwat Ponpes Suryalaya

 

Koropak.co.id - Organisasi Akhwat Pondok Pesantren Suryalaya, Ibu Beres Laku Lampah (IBU BELLA) segera menggelar Musyawarah Besar (Mubes) yang akan dihelat di Gedung Serba Guna Sukriya Bakti Kampus Latifah Mubarokiyah Suryalaya Kabupaten Tasikmalaya, Selasa (18/12/2018).

Jika mengurai riwayat panjang berdirinya IBU BELLA, organisasi akhwat Ponpes Suryalaya tersebut bermula dari perkumpulan akhwat yang memiliki tingkat kepedulian lebih terhadap Ponpes Suryalaya.

Lantas siapakah anggota IBU BELLA? Anggota IBU BELLA merupakan akhwat TQN Ponpes Suryalaya yang tersebar di dalam dan luar negeri, yang berkhidmat dan bermursid kepada KH Ahmad Shohibul Wafa Tajul Arifin R.A, dan ditalqin dalam upgrading LDTQN.

Berdirinya organisasi IBU BELLA berawal dari sejumlah akhwat yang sering membantu pimpinan Ponpes dalam berkegiatan, terutama saat menerima tamu-tamu Ponpes. Ibu-ibu yang terbiasa peduli terhadap kegiatan pesantren tersebut akhirnya membentuk kelompok atau perkumpulan kecil.

Tepat pada 6 September 2018, menjadi hari lahir IBU BELLA. Kala itu, para anggota IBU BELLA menghadap kepada sesepuh Ponpes Suryalaya KH Ahmad Shohibul Wafa Tajul Arifin R.A atau Abah Anom, dan menyatakan untuk berkhidmat. Sekaligus, meminta sebuah nama yang tepat untuk organisasi tersebut.

 

Koropak.co.id - IBU BELLA Organisasi Akhwat Ponpes Suryalaya (3)

 

Baca : Ibu Bella Meriahkan Gema Muharram Suryalaya

 

Kala itu Pangersa Abah Anom memberikan nama Beres Laku Lampah (BELLA) yang merupakan pengenjewatahan dari visi misi Pondok Pesantren Suryalaya yakni Cageur Bageur Lahir Bathin.

Seiring waktu berjalan organisasi IBU BELLA terus berkembang, bahkan saat ini tercatat ada sekitar 110 koordinator wilayah IBU BELLA yang tersebar di seluruh penjuru Tanah Air dan luar negeri, dengan jumlah anggota IBU BELLA yang mencapai ribuan.

Perkembangan demi perkembangan terus terjadi. Hingga pada akhirnya IBU BELLA memiliki sejumlah divisi. Jika dulu namanya seksi. Dulu ada seksi organisasi, humas, sosial, pendidikan, dana, kerohanian, dan umum.

Seksi-seksi tersebut, menjadi mesin penggerak berbagai kegiatan yang dilaksanakan IBU BELLA yang memiliki tujuan utama untuk melakukan pemberdayaan terhadap akhwat Ponpes Suryalaya. Seperti seksi organisasi, fokus pada pengelolaan organisasi IBU BELLA. Seksi sosial fokus pada kegiatan-kegiatan sosial seperti khitanan massal, santunan, dan bakti sosial lainnya.

 

Koropak.co.id - IBU BELLA Organisasi Akhwat Ponpes Suryalaya (2)

 

Baca : LDTQN Suryalaya Gelar Upgrading I Angkatan 46

 

Ke depan, karena di dalam IBU BELLA terdapat generasi muda atau remaja akhwat, akan dibentuk Generasi BELLA yang menjadi embrio dari organisasi IBU BELLA. Namun untuk semetara, para remaja putri tersebut masih tergabung dalam IBU BELLA untuk mempersiapkan dan mematangkan diri mereka sebelum berorganisasi.

Dijumpai Koropak, Sabtu (15/12/2018) Ketua Pelaksana Mubes 2018 IBU BELLA, Siti Noor Khotimah Avivi, S.Ag menuturkan dalam Mubes akan dilakukan pengesahan revisi AD ART menyesuaikan otonom, melakukan pembahasan program kerja, serta pemilihan dan penetapan pengurus baru.

"Mubes ini merupakan langkah menuju kepengurusan baru setelah otonom. Pelantikannya akan digelar pada 19 Desember 2018. Rencananya Mubes akan dihadiri sekitar 350 anggota IBU BELLA dari seluruh korwil yang ada di Indonesia, dan juga direncanakan akan hadir dari Malaysia dan Singapura," katanya.*

 

Baca : Sambut Rabiul Awal Ponpes Suryalaya Nerbang

Lihat : Ustaz Abdul Somad Tausyiyah di Ponpes Suryalaya


Berita Terkait