Desa Mandiri Butuh Kapasitas

Senin, 17 Desember 2018 20:40 Dedi Sofwan Desa

Desa Mandiri Butuh Kapasitas

 


Koropak.co.id - Desa Situsaeur Kecamatan Karangpawitan Kabupaten Garut, menggelar Pelatihan Peningkatan Kapasitas Perangkat Desa dan Aparatur Pemerintah Desa, di Aula Desa Situsaeur, Senin (17/12/2018). Kegiatan tersebut dalam rangka pembangunan pemberdayaan masyarakat desa yang sumber dananya berasal dari dana desa (DD) tahun anggaran 2018.

Pada kegiatan yang dihadiri oleh jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan Karangpawitan, seluruh ketua RW, ketua beserta anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dan aparatur Desa Situsaeur itu, Kepala Desa Situsaeur, Agus Mulyadi menuturkan, pelatihan dilakukan untuk lebih meningkatkan kemampuan serta keahlian bagi para ketua RW, BPD dan aparatur desa dalam mengelola tertib administrasi.

"Berdasarkan Undang Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa, desa sudah harus mandiri dalam melaksanakan pembangunannya, baik pembangunan infrastruktur maupun pemberdayaan. Dan salah satu kunci suksesnya pembangunan desa yang mandiri adalah, adanya kemampuan kapasitas perangkat dan aparatur desa itu sendiri," tuturnya.

 

 

Koropak.co.id - Desa Mandiri Butuh Kapasitas (2)

 

Sementara itu, Camat Karangpawitan, Rena Sudrajat yang membuka pelatihan tersebut menegaskan, beban desa dalam melaksanakan pembangunan saat ini cukup berat. Sehingga butuh keseriusan dan fokus serta tetap mengacu kepada prosedur yang baik dan benar.

Desa juga dituntut agar bisa mempertanggungjawabkan hasil dari pembangunan desanya, baik secara fisik maupun secara tertulis.

"Pelatihan ini diharapkan bisa dimanfaatkan dan dioptimalkan oleh peserta untuk meningkatkan kemampuan dan kapasitas dalam rangka pembangunan masyarakat," kata Rena.

Ketua RW 05, Amar Ma'ruf mengatakan, pelatihan tersebut akan menjadi tolak ukur sampai dimana kemampuan perangkat pemerintah dalam membuat suatu perencanaan, pelaksanaan termasuk pelaporan hasil pembangunan desa.

"Pelatihan seperti ini manfaatnya cukup banyak, kami berharap bisa dilaksanakan secara rutin dan berkelanjutan," tuturnya.*

 


Berita Terkait