Kades Terlibat Pungli Diberhentikan?

Sabtu, 22 Desember 2018 08:06 D. Farhan Kamil Daerah

Kades Terlibat Pungli Diberhentikan?

  

Koropak.co.id - Menyusul penangkapan Kepala Desa Cintaraja oleh tim Saber Pungli Satreskrim Polres Tasikmalaya, Kepala Inspektorat Kabupaten Tasikmalaya, Dr. H. Iwan Saputra, M.Si mengatakan, akan berkoordinasi dengan pihak Polres Tasikmalaya dalam hal ini Wakapolres, sebagai Ketua Satgas Saber Pungli Kabupaten Tasikmalaya, untuk mendalami kasus hukum yang menjerat Kades tersebut.

"Kami dari pemerintah daerah, harus hadir untuk melihat permasalahan yang dihadapi salah seorang kepala desa yang merupakan bagian dari tatanan Pemerintahan Daerah Kabupaten Tasikmalaya," ucapnya.

Disinggung soal pemecatan, Iwan menegaskan, itu tergantung dari bobot pelanggaran yang dilakukan oleh yang bersangkutan. Artinya pemerintah tidak ujug ujug, semua berporses. Toh proses hukumnya pun masih berjalan. kita lihat saja nanti bobot kesalahannya bagaimana, jika harus diberhentikan ya tentunya segera dilakukan agar pelayanan di desa tidak terhambat," tuturnya.

'

Koropak.co.id - Kades Terlibat Pungli Diberhentikan (2)

 

Baca : Kades Pungli Polisi Beraksi


Sementara itu, Bupati Tasikmalaya, H. Ade Sugianto mengatakan, koordinasi dengan pihak penegak hukum itu penting dan akan dilakukan. Tetapi yang paling mendasar adalah hormati penegakan hukum.

"Biarkan proses hukum berjalan dan kita hormati itu bersama. Aparat penegak hukum tentu memiliki pertimbangan dan bukti hukum yang jelas," kata ade singkat.

Seperti diberitakan sebelumnya, Kepala Desa Cintaraja Kecamatan Singaparna Kabupaten Tasikmalaya Agus Muslim dan salah seorang warga Kampung Cibeas Desa Cintaraja Yudi Asnadi hanya bisa tertunduk lesu ketika digiring anggota Kepolisian Polres Tasikmalaya saat akan menggelar konferensi pers, Kamis (20/12/2018).

Agus dan seorang rekannya itu ditangkap Satreskrim Polres Tasikmalaya di Kantor Desa Cintaraja pada Senin (17/12/2018) sore.

Kapolres Tasikmalaya, AKBP Dony Eka Putra mengatakan, penangkapan kedua pelaku dilakukan setelah adanya laporan warga, bahwa di Desa Cintaraja telah terjadi satu pengondisian dimana untuk program PTSL, masing masing pemohon dikenakan tarif Rp 400 ribu.*


Baca : Satgas Saber Pungli Jawa Barat Datangi Kabupaten Tasikmalaya