Posko Bencana Mulai Dibentuk

Minggu, 23 Desember 2018 17:45 D. Farhan Kamil Daerah

Posko Bencana Mulai Dibentuk

 

 

Koropak.co.id - Tidak menunggu lama, menyusul instruksi Bupati Tasikmalaya H. Ade Sugianto terkait pembentukan Posko Peduli Bencana Banten dan Lampung, Kepala Kantor Kesatuan Bangsa dan Perlindungan Masyarakat (Kebang Linmas) Kabupaten Tasikmalaya, Iwan Ridwan, S.IP mengatakan, telah berkoordinasi dengan Dandim 0612/Tasikmalaya, Kapolres Tasikmalaya dan dinas/instansi lainnya unsur Forum Komunikasi Pimpina Daerah (Forkopimda) Kabupaten Tasikmalaya yang kesimpulannya Posko tersebut akan dibangun di Makodim 0612/Tasikmalaya Jalan Oto Iskandardinata Empangsari Tawang Kota Tasikmalaya.

"Sore hari ini kami menggelar rapat koordinasi dengan melibatkan Forkopimda Kabupaten Tasikmalaya untuk segera mewujudkan Posko tersebut," kata Iwan, Minggu (23/12/2018).

 

Baca : Bupati Ade Sugianto Instruksikan Bangun Posko Peduli Bencana Tsunami Banten Lampung

 

Menurutnya, Posko Peduli Bencana Banten dan Lampung tersebut sengaja diposisikan di Makodim, untuk memudahkan koordinasi Forkopimda Kabupaten Tasikmalaya sekaligus memudahkan masyarakat juga BUMN, BUMD, dinas maupun instansi lainnya yang akan mambantu para korban terdampak bencana di Banten juga di Lampung.

"Seluruh bantuan kemanusiaan akan ditampung satu pintu di Posko tersebut termasuk proses pendistribusiannya. Dalam waktu dekat kita dari Forkopimda akan melihat langsung lokasi lokasi bencana khususnya ke provinsi terdekat," papar Iwan.

Disinggung soal edaran dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) nomor ME.301/PD/23/APM/XII/BMKG-2018 tentang Peringatan Dini Gelombang Tinggi 1,25 - 2,5 meter di sejumlah titik termasuk perairan selatan Jawa, Iwan menyebutkan terus berkoordinasi dengan pihak TNI dan Polri termasuk Pol Airut di wilayah pesisir pantai Kabupaten Tasikmalaya selatan.

"Kita dari pihak pemerintah daerah akan terus memantau setiap perkembangan yang terjadi di wilayah pesisir pantai Kabupaten Tasikmalaya, melalui Koramil, Polsek maupun Pol Airut. Hingga saat ini situasi gelombang laut masih normal dan diharapkan warga tetap tenang serta waspada menunggu informasi aktual dari petugas yang berwenang," tuturmya.*

 

Baca : Dampak Tsunami Selat Sunda Memakan Banyak Korban

 

 


Berita Terkait