Ketahanan Pangan Nasional Terus Diupayakan

Senin, 24 Desember 2018 13:22 Dedi Sofwan Provinsi

Ketahanan Pangan Nasional Terus Diupayakan

 

Koropak.co.id - Harapan dan asa tercapainya ketahanan pangan ataupun swasembada pangan di Indonesia sudah jauh-jauh hari digaungkan, dan menjadi sebuah motivasi bagi masyarakat Indonesia, khususnya para penggiat dan pelaku usaha di bidang pertanian.

Namun apalah daya. Sampai detik ini harapan tersebut masih jauh dari harapan. Menghadapi kenyataan ini, empat organisasi masyarakat, yaitu Forum Komunikasi Doa Bangsa (FKDB) dan Bursa Tani yang didukung oleh NU dan Himpunan Pengusaha Nahdliyin (HPN) segera mengambil langkah dengan mencanangkan program menuju tercapainya ketahanan dan kedaulatan pangan sebagai implementasi dari slogan Jabar Juara.

Dikonfirmasi Koropak, Senin (24/12/2018) Ketua Umum Forum Komunikasi Doa Bangsa (FKDB) Bursa Tani sekaligus pembina Bursa Tani Indonesia H Ayep Zaki S.E menuturkan langkah ke empat organisasi masyarakat tersebut terbilang sangat berani dan penuh optimisme di tengah menyusutnya lahan pertanian di Jawa barat saat ini.

"Berdasar data, pada tahun 2018 ini telah terjadi penyusutan lahan pertanian sebagai penopang utama pangan, dari luas 1,86 juta hektare menjadi 1,69 juta hektare," kata Ayep.

 

Koropak.co.id - Ketahanan Pangan Nasional Terus Diupayakan (3)

 

Baca : Spirit Jabar Juara Kedaulatan Pangan Harus Terwujud

 

Ditambahkan Ayep, dengan penambahan jumlah penduduk yang setiap tahun terus meningkat di kisaran 1,89 persen, secara otomatis mempengaruhi meningkatnya konsumsi dan kebutuhan pangan secara langsung. Dari data statistik kependudukan, Jawa barat saat ini berpenduduk 48 juta jiwa.

Sementara itu, Wakil Rois Syuriah PWNU Jawa Barat Dr KH Abun Bunyamin MA didampingi Ketua Umum HPN Drs H Asep Syaripudin, M.Si beserta Ketua Umum Forum Komunikasi Doa Bangsa (FKDB) Bursa tani H Ayep Zaki S.E, pada 18 Desember 2018 bertekad mewujudkan Jabar Juara Kedaulatan Pangan.

"Itu ditujukan untuk dapat meningkatkan produktivitas petani yang akan dilakukan oleh para team ahli FKDB dan Bursa Tani yang didukung oleh NU dan HPN, berupa demonstration plot atau demplot pertanian di berbagai kabupaten di Jawa barat," kata KH Abun.

Di Bandung, Wakil gubernur Jawa barat Uu Ruzhanul Ulum sangat mengapresiasi upaya Jabar Juara Kedaulatan Pangan.  "Kami akan segera membahas target berikut program ketahanan dan kedaulatan pangan yang masuk pada bidang pertanian," kata Uu.*

 

Baca : Asep Syaripudin Apresiasi Konfercab HPN Garut

 


Berita Terkait