Empat Pilar Penunjang Kesuksesan SAR

Senin, 24 Desember 2018 17:48 D. Farhan Kamil Nasional

Empat Pilar Penunjang Kesuksesan SAR

 

Koropak.co.id - Humas Basarnas, Joshua Banjarnahor mengatakan, ada empat elemen dalam tim SAR Gabungan, yang keempatnya saling bersinergi dalam menyukseskan pencarian dan pertolongan para korban bencana tsunami Selat Sunda di Provinsi Banten dan Lampung.

Keempat pilar tersebut terdiri dari, Basarnas, TNI dan Polri, Pemerintah (BPBD, Dinkes, Tagana) serta masyarakat potensi SAR yang terdiri dari wartawan, warga, pengusaha dan relawan bencana lainnya.

Menurutnya, tim SAR itu tidak semua harus ngangkat dan bersentuhan langsung denga korban. "Mereka di antaranya ada yang mencatat data, merekap data, mengurus dapur umum hingga mengurus transportasi bahkan memarkirkan kendaraan dan tugas-tugas lainnya. Kesemuanya ini terkoordinasi dengan baik," papar Joshua, Senin (24 /12/2018).

 

Koropak.co.id - Empat Pilar Penunjang Kesuksesan SAR (2)

 

Sedangkan Basarnas tambah dia, lebih bertugas dalam mengevakuasi korban. "Terlebih kita berlomba dengan waktu untuk menemukan korban secepatnya dan sebanyak-banyaknya," ujarnya.

Terkait dengan urusan medis dan logistik kata Joshua, pihaknya kami berkoordinasi langsung dengan pemerintah setempat melalui dinas teknis terkait seperti Dinkes dan Dinsos.

Lebih lanjut ia mengatakan, hasil evaluasi Senin sore ini hingga jam 15.00 WIB, di posko Labuan tercatat sebanyak 87 mayat yang berhasil dievakuasi dari titik bencana.*

 

Baca : Menhub Kunjungi Posko Basarnas di Labuan


Berita Terkait