Longsor Malangbong Disebabkan Kondisi Tanah Labil

Selasa, 25 Desember 2018 20:17 Dede Hadiyana Daerah

Longsor Malangbong Disebabkan Kondisi Tanah Labil


Koropak.co.id - Longsoran menutupi badan ruas jalan nasional penghubung antara Bandung -Tasikmalaya, tepatnya di Kampung Pangkalan Desa Sukaratu Kecamatan Malangbong Kabupaten Garut. Material longsoran yang menutupi badan jalan tersebut terjadi pada Selasa (25/12/2018) sekitar pukul 04.00 WIB.

Kepala Pelaksana Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Garut, Dadi Zakaria menuturkan, longsoran berasal dari tebing di tepi jalan dengan tinggi sekitar 20 meter dan lebar 15 meter.

"Longsor tersebut terjadi bukan hanya karena curah hujan yang tinggi, akan tetapi kondisi tanah yang labil hingga membuat tanah mudah tergerus longsoran. Akibatnya, setengah badan jalan tertutup material longsoran," ujarnya.

 

Koropak.co.id - Longsor Malangbong Disebabkan Kondisi Tanah Labil (2)

 

Sementara itu, Kasatlantas Polres Garut AKP Rizky Adi Saputro membenarkan kejadian longsoran yang menutupi setengah badan jalan antara Bandung-Tasikmalaya.

"Titik lokasi longsor tepatnya di depan rumah makan Rido Manah Kampung Pangkalan Desa Sukaratu Kecamatan Malangbong. Anggota sudah ada di lokasi dan melaksanakan manual pengaturan arus lalulintas," ucapnya.*

 

Baca pula : Hujan Deras Dua Desa di Garut Longsor

 


Berita Terkait