Bawaslu Dan KPU Perangi Hoax

Jum'at, 04 Januari 2019 22:47 D. Farhan Kamil Daerah

Bawaslu Dan KPU Perangi Hoax


Koropak.co.id - Maraknya berita bohong dan hoax disertai ujaran kebencian dan fitnah menjelang Pemilu serentak 17 April 2019, dan salah satu sasarannya adalah penyelenggara pemilu, semakin mendorong pihak penyelenggara pemilu baik KPU maupun Bawaslu, untuk lebih getol menyosialisasikan pentingnya pemahaman tentang sebuah berita atau informasi, agar masyarakat tidak termakan dengan berita berita hoax yang sengaja digelindingkan oleh pihak yang tidak menginginkan pelaksanaan pesta demokrasi nanti berjalan tertib, aman dan damai.

Selain itu juga, dibutuhkan pemahaman secara benar dan masif seluruh aturan dan perundang-undangan tentang kepemiluan dan seluruh tahapan penyelenggaraan pemilu.

"Hari ini, kami bersilaturahmi dengan DPC PDI Perjuangan Kabupaten Tasikmalaya untuk menyampaikan beberapa informasi penting menjelang pelaksanaan pemilu 2019. Ini momen ke 7 bagi KPU dalam menguatkan pemahaman aturan-aturan serta tahapan penyelenggaraan kepemiluan terhadap partai-partai politik (parpol) peserta pemilu dan calon legislatif yang diusung parpol tersebut," kata Ketua KPU Kabupaten Tasikmalaya, Zam Zam Zamaludin, seusai pemaparan dalam acara silaturahmi dan koordinasi KPU dan Bawaslu dengan DPC, PAC dan calon DPRD PDI Perjuangan Kabupaten Tasikmalaya, di Hotel Dewi Asri Singaparna, Jumat (4/1/2019) petang.

 

Koropak.co.id - Bawaslu Dan KPU Perangi Hoax (3)

 

Baca : APK Tidak Dipasang, KPU Buka Suara

Disamping memberikan pemahaman tentang aturan dan tahapan kepemiluan, KPU juga berkewajiban menyampaikan penjelasan secara rinci terkait berita-berita hoax yang marak saat ini dan cenderung melemahkan KPU sebagai penyelenggara pemilu.

Hal senada dikatakan Ketua Bawaslu Kabupaten Tasikmalaya, Dodi Juanda, parpol peserta pemilu dan caleg menjadi media sangat efektif untuk menyampaikan kembali kepada masyarakat lebih luas terkait pemahaman pemahaman tentang aturan dan tahapan-tahapan penyelenggaraan pemilu khususnya yang dilakukan Bawaslu dalam rangka pengawasan, pencegahan dan penindakan.

"Acara ini sangat membantu pihak Bawaslu untuk memperluas pemahaman kepada peserta pemilu maupun masyarakat, sehingga nanti tidak ada lagi pelanggaran-pelanggaran pemilu yang ditemukan," kata Dodi.

 

 

Koropak.co.id - Bawaslu Dan KPU Perangi Hoax (2)

 

Baca : Bawaslu Deklarasikan Pemilu Tanpa Fitnah

Sementara itu, Wakil Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Tasikmalaya, H. Aef Syaripudin, SH., MH menegaskan, materi materi yang disampaikan pihak penyelenggara pemilu di Kabupaten Tasikmalaya, dapat dipastikan menjadi modal penting bagi seluruh pengurus PDI Perjuangan di tingkat kabupaten sampai kecamatan dan desa dalam menghadapi perkembangan situasi menyangkut kepemiluan.

"Melalui kegiatan ini, PDI Perjuangan yang patuh terhadap aturan, menjadi semakin tahu apa yang harus dilakukan dalam rangka turut menyukseskan pemilu 2019 yang tertib aman dan sukses tanpa ekses. Pemahaman pemahaman baru yang disampaikan KPU maupun Bawaslu pastinya menjadi petunjuk penting bagaimana kami bertindak dan bersikap ke depan dalam urusan kepemiluan," tuturnya.

Disinggung soal maraknya fitnah, Aep menegaskan agar melawan fitnah dengan dakwah yang penuh hikmah.*


Baca : Jangan Jadikan Agama Sebagai Senjata Politik

 

 


Berita Terkait