DMI Kabupaten Tasikmalaya Dukung BJB Mesra

Rabu, 09 Januari 2019 11:23 D. Farhan Kamil Daerah

DMI Kabupaten Tasikmalaya Dukung BJB Mesra

 

Koropak.co.id - Ketua PD DMI Kabupaten Tasikmalaya, KH.Dede Saeful Anwar, M.Si mengatakan, DMI sangat mendorong akselerasi pelaksanaan program bjb Masyarakat Ekonomi Sejahtera (Mesra) di Kabupaten Tasikmalaya.

Program Pemerintah Provinsi Jawa Barat yang dikerjasamakan dengan Bank Jawa Barat dan Banten (bjb) ini, dinilainya akan sangat membantu meningkatkan perekonomian masyarakat, khususnya yang berada dekat dan aktif ke Masjid, melalui beragam usaha yang didanai melalui bjb Mesra.

"Saya kira tidak ada alasan bagi masyarakat untuk tidak berantusias menyambut program ini. Dimana meraka akan mendapat pinjaman dana sesuai kebutuhan dari bjb Mesra, tanpa harus ada agunan dan bunga," kata KH Dede seusai membuka acara sosialisasi program bjb Mesra kepada 39 ketua pengurus masjid besar/DKMB kecamatan se-Kabupaten Tasikmalaya di Kantor Sekretariat DMI Kabupaten Tasikmalaya, Jalan Raya Baypass Bojongkoneng Singaparna, Selasa (8/1/2019).

Selain akan menekan angka ketergantungan masyarakat terhadap jasa rentenir atau lintah darat serta "bank keliling", keterlibatan masjid dalam pelaksanaan program ini, akan mengembalikan fungsi masjid sebagai pusat pemberdayaan ekonomi umat, demi kemakmuran masjid dan kesejahteraan umat.

 

Koropak.co.id - DMI Kabupaten Tasikmalaya Dukung BJB Mesra (2)

 

 

Baca : DMI Fasilitasi Kadeudeuh Pemkab Tasikmalaya

 

Sementara itu, Manajer bjb Cabang Singaparna, Risman menyebutkan, sasaran bjb Mesra diutamakan bagi para pelaku Usaha Menengah Kecil Menengah (UMKM). Bantuan kredit ini akan disalurkan melalui Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) yang telah bekerja sama dengan bjb.

Adapun syarat untuk mengajukan kredit Mesra, antara lain ada surat rekomendasi dari pengelola tempat ibadah, mengikuti pelatihan yang diselenggarakan bjb dengan membentuk kelompok dengan jumlah anggota minimal lima orang dan maksimal sepuluh orang.

"Plafon pinjaman mulai Rp 500.000 hingga Rp 5 juta per orang dengan jangka waktu pengembalian maksimal 12 bulan," tuturnya.

Wakil Ketua PD DMI Kabupaten Tasikmalaya KH. Yarin Rahmat Insani, Lc., M.Ag menyebutkan, dengan hadirnya bjb Mesra ini, diharapkan ekonomi masyarakat dapat tumbuh dan berkembang, memiliki usaha produktif, mengurangi ketergantungan kepada pinjaman informal.

“Selain mendapat pinjaman modal untuk usaha, masyarakat juga dapat menambah pengetahuan dan kemampuan berupa pelatihan manajemen usaha dan pelatihan mengelola keuangan," kata Yarin.*

 

Baca : DMI Kabupaten Tasikmalaya Bangun Kesepahaman

 

 


Berita Terkait