Pembangunan Pasar Serap Anggaran Rp 12 Miliar

Minggu, 13 Januari 2019 19:56 Ahmad Mukhlis Desa

Pembangunan Pasar Serap Anggaran Rp 12 Miliar

 

Koropak.co.id - Pasar Karangcengek Pamarican Kabupaten Ciamis yang semula pasar desa kini ditingkatkan menjadi pasar tradisional modern. Pembangunan pasar yang menghabiskan dana Rp 12 miliar bersumber dari APBD Pusat.

Pertengahan Januari 2019 mendatang, pasar tersebut akan diresmikan oleh warga pasar. Untuk seremonial gunting pinta direncanakan akan dilakukan Presiden Joko Widodo.

"Warga pasar rencananya meminta pasar ini diresmikan oleh Presiden Joko Widodo. Kami sudah komunikasi dengan kementerian yang terkait pasar untuk mendatangkan presiden. Tapi sebelum datang presiden, warga pasar akan melakukan syukuran," ujar tokoh Pamarican, Sugiharto,S.IP, kepada Koropak, Minggu (13/1/2019).

Menurut Sugiharto, Pasar Pamarican adalah pusat ekonomi yang menghubungkan beberapa daerah penyangga di perbatasan.

"Pamarican menjadi daerah perbatasan yang strategis. Karena itu, modernisasi pasar akan meningkatkan kenyamanan masyarakat dalam perdagangan," ujar Sugiharto yang juga anggota DPRD Ciamis.

 

Koropak.co.id - Pembangunan Pasar Serap Anggaran Rp 12 Miliar (2)

 

Dikatakan Sugiharto, untuk peresmian versi warga pasar akan dimeriahkan oleh pentas budaya dan pemotongan tumpeng. Dijadwalkan dari kementerian desa dan kementerian perdagangan akan hadir.

"Menurut perhitungan adat warga Pamarican pembukaan pasar Pamarican bagusnya jatuh tanggal 20 Januari 2019. Makanya peresmian simbolik dari semua warga pasar," ucap Sugiharto.

Kepala Bidang Pasar Dinas Perindustrian, Perdagangan, dan Koperasi Kabupaten Ciamis, Enda Suhendar mengatakan, sejumlah pasar di Kabupaten Ciamis sedang direvitalisasi. Ada yang menggunakan anggaran pusat dan ada yang dari anggaran APBD kabupaten. "Kami sudah melakukan pendataan pasar yang menjadi penyangga ekonomi di daerah perbatasan," tutur Enda.*

 


Berita Terkait