Gempa Bumi Guncang Pesisir Barat Lampung

Senin, 14 Januari 2019 21:12 Dede Hadiyana Nasional

Gempa Bumi Guncang Pesisir Barat Lampung

 

Koropak.co.id - Analisa Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menunjukkan bahwa gempa bumi tektonik berkekuatan 3,5 Magnitudo telah mengguncang wilayah Pesisir Barat Lampung, Senin (14/1/2019) sekitar pukul 15.24 WIB.

Kepala Balai BMKG Wilayah II Tangerang Selatan Joko Siswanto, S.Sos menuturkan episenter terletak pada koordinat 5.36 LS dan 104.10 BT, tepatnya di darat pada jarak 26 Kilometer arah Tenggara Pesisir Barat, Lampung di kedalaman 80 Kilometer.

"Dengan memperhatikan lokasi Episenter dan kedalaman Hiposenter, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi menengah akibat subduksi lempeng Indo-Australia yang menyusup ke bawah lempeng Eurasia dan terjadi deformasi batuan hingga memicu terjadinya gempa bumi," ujarnya.

 

 

Koropak.co.id - Gempa Bumi Guncang Pesisir Barat Lampung (1)

 

Baca : Gempa Bumi Kembali Mengguncang

Dampak dari kejadian gempa bumi, berdasarkan laporan masyarakat berupa guncangan yang dirasakan di wilayah Liwa, Lampung Barat dengan intensitas I-II MMI. Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut.

"Hasil pemodelan menunjukkan bahwa, gempa bumi tidak berpotensi tsunami karena pusat gempa berada di darat. Hingga pukul 16.05 WIB, hasil monitoring BMKG menunjukkan belum terjadi aktivitas gempa bumi susulan atau Aftershock," kata Joko.

Joko mengimbau kepada masyarakat Liwa dan Pesisir Barat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

"Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi diantaranta Instagram, Twitter @infoBMKG, website www.bmkg.go.id, atau melalui Mobile Apps iOS dan Android @infobmkg," katanya.*

 

Baca : Langkah-Langkah Dalam Menghadapi Gempa Bumi dan Tsunami

 

 


Berita Terkait