Rakyat Tetap Menjadi Prioritas

Selasa, 15 Januari 2019 23:39 D. Farhan Kamil Desa

Rakyat Tetap Menjadi Prioritas

 

Koropak.co.id - Bupati Tasikmalaya, H. Ade Sugianto mengambil sumpah dan melantik dua kepala desa pengganti antar waktu (PAW) dan satu penjabat kepala desa, bertempat di Pendopo Lama, Selasa (15/1/2019).

Masing masing adalah Bambang Dinar sebagai Kepala Desa PAW Cilampung Hilir Kecamatan Padakembang, Endang Sumarli sebagai kepala desa PAW Nangewer Kecamatan Pageurageung dan Mamun sebagai penjabat Kepala Desa Cikuya Kecamatan Culamega.

Pada acara pelantikan yang dihadiri Pelaksana Harian (Plh) Sekda Kabupaten Tasikmalaya, H. Iin Aminudin dan Asisten Pemerintahan, H. Ahmad Muchsin itu, Bupati meminta agar para kepala desa PAW dan penjabat kepala desa yang baru saja dilantik, agar menjadi bagian dari pemecahan permasalahan di masyarakat.

Pemimpin adalah akhir dari permasalahan rakyat. "Jadi ketika rakyat berhadapan dengan masalah, maka pemimpin harus mampu menjadi solusi dengan kata lain, kepala desa adalah akhir dari permasalahan rakyat di desa," kata Ade.

 

 

Koropak.co.id - Rakyat Tetap Menjadi Prioritas (2)

 

Kades juga sebagai manajer sekaligus motivator. Kepala Desa tidak dapat membangun desa sendirian, maka harus mampu membangun kerjasama yang sinergis dengan semua anak buah dan semua elemen masyarakat termasuk pemerintah kecamatan di wilayah masing masing.

Ditambahkan, pemimpin itu mudah dikatakan tetapi berat dipraktekkan. Sebab menjadi pemimpin rakyat akan banyak waktu, tenaga, pikiran bahkan harta yang akan tersita untuk keluarga. 

Pemimpin rakyat terang dia, tidak bisa menutup pintu atau membatasi waktu serta kesempatan bagi rakyatnya. menjadi kepala desa harus siap 24 jam memberikan pelayanan kepada rakyatnya yang membutuhkan. "Rakyat tetap menjadi prioritas," ucapnya. *

 


Berita Terkait