Fenomena Supermoon Potensi Sebabkan Air Laut Pasang

Jum'at, 18 Januari 2019 18:31 Dede Hadiyana Nasional

Fenomena Supermoon Potensi Sebabkan Air Laut Pasang

 

Koropak.co.id - Adanya fenomena Supermoon disertai bulan purnama, dapat mempengaruhi kondisi pasang maksimum air laut di wilayah perairan Indonesia. Hal tersebut dapat berdampak terganggunya transportasi di sekitar pelabuhan dan pesisir, aktivitas para petani garam dan perikanan darat, serta kegiatan bongkar muat di pelabuhan.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memberikan informasi peringatan dini kepada masyarakat pesisir pantai agar tetap waspada dan siaga untuk mengantisipasi dampak dari fenomena tersebut. Termasuk juga beberapa titik wilayah di Indonesia yang diantaranya, Pesisir Utara Jakarta, Pesisir utara Jawa Tengah, Pesisir Utara Jawa Timur, Peisisir Cilacap, Pesisir Tanjung Benoa Bali, Pesisir Kalimantan Barat, dan Pesisir Makassar.

 

Koropak.co.id - Fenomena Supermoon Berdampak Pasang Maksimum Air Laut

 

Peringatan yang dikeluarkan oleh BMKG pada Jumat (18/1/2019) pagi, berlaku hingga Selasa (22/1/2019) mendatang. BMKG juga menghimbau kepada masyarakat yang hendak berakhir pekan di pantai agar waspada dan siaga. Selain itu, masyarakat juga diimbau selalu memperhatikan update informasi cuaca maritim yang dirilis secara resmi oleh BMKG melalui berbagai akun official BMKG.*

 

Baca : Gerhana Bulan Total Terjadi Malam Ini

 


Berita Terkait