Peresmian Pasar Pamarican Ditunda

Minggu, 20 Januari 2019 18:06 Ahmad Mukhlis Desa

Peresmian Pasar Pamarican Ditunda


Koropak.co.id - Peresmian Pasar Pamarican ditunda karena harus menunggu kepastian jadwal Presiden Joko Widodo yang akan gunting pita. Namun sejumlah pedagang sebagai warga pasar akan menempati kios mulai hari ini Ahad (20/1/2019). Sebagai tanda pembukaan kios, digelar tabligh akbar yang diprakarsai NU Kecamatan Pamarican.

"Berdasarkan aspirasi warga pasar, hari ini tanggal yang baik untuk menempati kios. Saya hanya membantu mengumpulkan warga untuk berdoa bersama dalam tabligh akbar. Diharapkan pasar Pamarican yang modern ini bisa meningkatkan pendapatan warga pasar," ujar pelaksana tabligh akbar, Sugiharto, S.IP, yang juga anggota DPRD Ciamis.

Menurutnya, untuk peresmian pasar yang dihadiri Presiden Joko Widodo masih dikoordinasikan oleh Kementerian Perdagangan.

"Pasar Pamarican yang menelan biaya hingga 12 miliar ini merupakan hasil kerjasama Pemkab Ciamis dengan Kementerian Perdagangan. Ini kemajuan yang luar biasa sebab awalnya hanya pasar desa," ujar Sugiharto.

 

Koropak.co.id - Peresmian Pasar Pamarican Ditunda (1)

 

Dari pantauan Koropak, ratusan pedagang sudah mulai berebut kios sesuai lokasi sebelumnya. Bahkan sudah ada yang pasang banner toko. Namun sayang penempatan para pedagang bukan melalui undian, jadi suasana rebutan kios sangat terasa.

Salah satu warga pasar, Hiban Nurul Falah, mengatakan, persaingan rebutan kios sulit dihindari sebab semua ingin dapat kios yang strategis. Jumlah pedagang juga ada peningkatan seiring penambahan kios.

"Seharusnya ada pihak yang netral mengatur pembagian kios agar adil. Kalau diserahkan kepada para pedagang jelas ada kepentingan antar mereka akan sulit adil," ujar Hiban.*

 

Baca : Pembangunan Pasar Serap Anggaran Rp 12 Miliar

 


Berita Terkait