Legislatif Diajak Memahami Mekanisme

Selasa, 22 Januari 2019 13:46 D. Farhan Kamil Parlemen

Legislatif Diajak Memahami Mekanisme

 

Koropak.co.id - Menanggapi pernyataan salah seorang anggota Komisi I DPRD Kabupaten Tasikmalaya terkait Perda SOTK, Asisten Pemerintahan, Ahmad Muchsin mengatakan, pemerintah masih menunggu hasil evaluasi Gubernur Jawa Barat yang yang hingga kini belum juga turun.

"Harus dipahami bersama bahwa Perda itu berlaku setelah dievaluasi dan diundangkan. Nah saat ini Perda perubahan SOTK itu masih dalam tahap evaluasi Gubernur sebagai kata kunci, " kata Muchsin, Selasa (21/1/2019).

Selanjutnya, pada pasal 20 Perda 7 tahun 2016 yang tidak mengalami perubahan, disebutkan bahwa secara operasional Perda ini ditetapkan, setelah diisi para pejabatnya. "Para pejabat lama, hari ini kan masih melaksanakan tugasnya," ujar Muchsin

 

Baca : Pemkab Tasikmalaya Rampingkan SOTK

 

Ia juga menegaskan, terkait Perda tentang SOTK, agar pihak legislatif memahami bagaimana mekanisme Perda. Perlu diingat kembali bahwa setelah Perda SOTK ini ditetapkan, maka akan terjadi perubahan rencana strategis (Renstra) SKPD, kemudian akan terjadi pembahasan anggaran, dan pengisian jabatan.

"Artinya, meskipun dalam Perda itu disebutkan berlaku sejak ditetapkan, maka tidak serta merta, karena ada beberapa tahapan kemudian yang harus dilewati," katanya.

Secara sederhana tambah dia, lihat di beberapa Undang Undang. Dalam kalimat akhir, UU diundangkan, ditetapkan tanggal sekian dan berlaku sejak ditetapkan. "Pertanyaannya, apakah serta merta dilaksanakan sejak tanggal ditetapkan? oh tentu tidak, sebab UU itu perlu petunjuk pelaksanaannya. Ada peraturan pemerintah, peraturan menteri atau peraturan presiden," ujarnya.

Kesimpulannya terang dia, terkait Perda SOTK, pemerintah saat ini masih menunggu hasil evaluasi gubernur. Selanjutnya akan diundangkan dan masuk ke tahapan berikutnya.*

 

Baca : Eksekutif Dinilai Melanggar Perda


Berita Terkait