Puting Beliung Terjang Rancah Ciamis

Selasa, 22 Januari 2019 17:34 Ahmad Mukhlis Desa

Puting Beliung Terjang Rancah Ciamis

 

Koropak.co.id - Kecamatan Rancah Kabupaten Ciamis berduka. Pasalnya, puluhan rumah dan fasilitas umum rusak diterjang angin kencang disertai hujan lebat yang terjadi pada Senin (21/1/2019) pukul 15.00 WIB. Tercatat, sedikitnya ada 11 rumah di Desa Rancah, Kecamatan Rancah, Kabupaten Ciamis yang rusak diamuk angin puting beliung.

Dikonfirmasi Koropak, Selasa (22/1/2019), saksi mata, Didi Rasyidi menuturkan akibat amukan angin kencang, atap dan genting belasan rumah warga berjatuhan disapu angin kencang. Apalagi atap asbes tempat pencucian motor di dekat warung bakso, di Blok PE, sampai terbang jatuh ke jalan. Menurut Didi, musibah ini merupakan yang pertama terjadi selama dua tahun terakhir. Hujan disertai angin memang sudah biasa terjadi, namun yang ganas baru kali ini.

"Rancah terkenal adem ayem, kini mulai dilanda ketakutan sebab datangnya angin tidak bisa diprediksi. Kami selalu waspada takut terjadi lagi hujan angin," kata Didi.

 

Koropak.co.id - Puting Beliung Terjang Rancah Ciamis 2

 

Terpisah, Kepala Desa Rancah, Aman SE mengatakan, angin kencang menimpa dua dusun, yakni Dusun Rancah Hilir dan Dusun Rancah Girang. Di Dusun Racah Hilir angin kencang merusak atap dua rumah warga, sedangkan di Dusun Ranca Girang ada sembilan rumah warga yang atap gentingnya beterbangan, masing-masing di Blok Cipeti enam rumah, dan di Blok Betok tiga rumah.

“Tiang listrik di halaman Polsek Rancah patah. Pohon mahoni di sisi Jalan Raya Rancah-Cisaga dekat lapangan bola Desa Rancah tumbang ke sawah milik warga. Tidak ada korban jiwa maupun luka-luka akibat angin kencang tadi, sekarang hujan baru mulai reda,” ucapnya.

Warga dan petugas bergerak cepat menyingkirkan pohon yang tumbang di sisi jalan raya Rancah-Cisaga agar tidak menghambat akses lalu lintas.

 

Baca : Angin Puting Beliung Sapu Bangunan Ponpes


Camat Rancah, H Nandang Nugraha S.Sos menyebutkan angin kencang yang melanda Rancah disertai hujan lebat telah menimbulkan kerusakan di empat lokasi di Desa Rancah. “Kami masih menunggu data pasti, termasuk kemungkinan adanya kerusakan di desa lainnya,” ujar Nandang.

Kepala Bidang Darurat Logistik BPBD Ciamis Ani Supiani mengatakan pihaknya belum bisa menghitung kerugian dan korban angin kencang. "Petugas Satgas Pusdalops sedang mengecek lokasi dan melakukan evakuasi serta asesmen di lokasi kejadian angin kencang di Rancah," katanya.*

 

Baca : Puting Beliung Porak Porandakan Wilayah Rancaekek