LBH Ansor Berikan Pendampingan Hukum

Rabu, 23 Januari 2019 07:33 D. Farhan Kamil Desa

LBH Ansor Berikan Pendampingan Hukum

 

 

Koropak.co.id - Menyusul penandatangani kesepahaman tentang gerakan sadar hukum berbasis Alternatif Penyelesaian Sengketa (APS) yang belum lama ini dilakukan oleh 12 Kepala Desa di Kabupaten Tasikmalaya, kini giliran 8 Kepala Desa dari 10 Desa yang ada di Kecamatan Singaparna (kecuali Desa Cipakat dan Cintaraja), melakukan hal serupa yang dilaksanakan di ruang serba guna Desa Sukaasih Kecamatan Singaparna, Selasa (22/1/2019).

Acara penandatanganan kesepahaman/Memorandum of Understanding (MoU) bersama Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Ansor Kabupaten Tasikmalaya yang diketuai Asep Abdul Rofiq itu, dihadiri Ketua Tanfidziah PCNU Kabupaten Tasikmalaya, KH. Atam Rustam, Ketua GP Ansor Kabupaten Tasikmalaya, Asep Muslim, Ketua Peradi Kabupaten Tasikmalaya Andi Ibnu Hadi, unsur Polri/TNI dan sejumlah tokoh masyarakat serta tokoh pemuda se-Kecamatan Singaparna.

Kepala Desa Sukasih Misbah Risto mengatakan, penandatanganan MoU dengan LBH Ansor tersebut merupakan upaya pemerintahan desa untuk lebih menajamkan wawasan terkait hukum. Agar apa yang akan dilakukan Pemerintah Desa dalam rangka pelayanan masyarakat ke depan, betul betul sesuai mekanisme aturan dan perundang undangan dalam arti lain tidak bertabrakan dengan hukum.

"Ini upaya kami menuju kesadaran norma hukum lebih baik, kesadaran bermasyarakat dan kesadaran bernegara. Sukaasih harus melek hukum agar tidak terjerat hukum," ujar Misbah.

 

 

Koropak.co.id - LBH Ansor Berikan Pendampingan Hukum (2)

 

 

Baca : Jabatan Kepada Desa Jangan Dicoreng Kasus Hukum

Sementara itu, KH. Atam Rustam menyebutkan, dirinya sangat mengapresiasi langkah LBH Ansor dan 20 Kepala Desa yang telah melakukan kesepahaman gerakan sadar hukum sebagai bentuk tanggung jawab masyarakat baik selaku lembaga maupun pribadi yang taat hukum di negara hukum.

"Kegiatan ini merupakan salah satu khidmat NU kepada pemerintah desa dari aspek hukum. Tujuan utama dari gerakan ini adalah, untuk memberikan pengetahuan hukum kepada para Kades yang secara umum, mereka tidak tahu banyak soal hukum. Apalagi ketika berhadapan dengan perkara hukum mereka kesulitan mencari solusi," tutur Atam.

Melalui gerakan sadar hukum ini tambah KH. Atam, mudah-mudahan tidak ada lagi cerita ke depan, Kades yang rentan persoalan hukum, berurusan dengan perkara hukum. Sekalipun ada persoalan, maka dapat diselesaikan di tataran internal desa.

"Kesadaran hukum ini juga tentu saja menjadi tameng atau proteksi diri para Kades dari jeratan jeratan oknum oknum baik dari LSM, wartawan maupun aparat penegak hukum yang datang dan meminta sejumlah angka yang seharusnya digunakan untuk pembangunan," ucapnya.

 

Koropak.co.id - LBH Ansor Berikan Pendampingan Hukum (3)

 

Baca : Kepala Desa Menandatangani MoU Gerdes Sadarkum


Ketua LBH Ansor Kabupaten Tasikmalaya, Asep Abdul Rofiq mengatakan, MoU Gerakan Sadar Hukum dengan 8 Desa di Kecamatan Singaparna ini murni keinginan para Kades yang berkeinginan mendalami persoalan hukum perdata lebih jauh termasuk soal penegakan hukum, bantuan dan pertimbangan hukum lainnya.

Sebab kata dia, selain melakukan pendampingan Kades, LBH Ansor yang berada di bawah supervisi Lembaga Penyuluhan dan Bantuan Hukum (LPBH) PCNU Kabupaten Tasikmalaya ini, akan membuka wawasan dan pemahaman serta kesadaran hukum terutama yang berkaitan dengan jalannya roda pemerintahan di desa.

"Kami sangat sadar, masih banyak Kades yang butuh banyak pendampingan terkait hukum. Hal itu terbukti dengan masih banyaknya kebijakan yang keliru dan melabrak Undang Undang desa aturan lainnya, maka kami hadir dan siap mewakafkan diri untuk mencerdaskan dan meningkatkan kesadaran mereka kepada hukum," tutur Asep.

Ia pun menyebutkan, LBH Ansor masih mencari formula agar Pemkab Tasikmalaya memiliki perhatian lebih terhadap pemerintah desa yang tidak sekedar pada porsi pengawasan tetapi jauh paling penting adalah memberikan bimbingan dan pemahaman soal tata aturan dan segala ketentuan yang berlaku," ujarnya.*

 

Baca pula : LBH Ansor Kabupaten Tasikmalaya Dukung OTT

 


Berita Terkait