Menteri Pertanian Akan Launching Santri Tani Milenial

Kamis, 24 Januari 2019 21:14 Ahmad Mukhlis Nasional

Menteri Pertanian Akan Launching Santri Tani Milenial


Koropak.co.id - Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) dan Kementerian Pertanian akan meresmikan Santri Tani Milenial (STM) di Lapangan Kamulyan Manonjaya Kabupaten Tasikmalaya, Jumat (25/1/2019). Dalam acara launching tersebut, akan dihadiri 10 ribu massa dari berbagai kelompok tani berbasis pesantren se-Priangan Timur.

Penggagas Santri Tani Milenial, Gus Rohim menuturkan dalam launching tersebut Kementerian Pertanian akan memberikan bantuan traktor ke sejumlah kelompok tani santri. Program ini akan terus berkelanjutan hingga terbentuk kekuatan santri yang andal dalam pertanian.

"Setelah dari Tasikmalaya kami akan launching ke Cibinong dan Bandung. Pokoknya Jawa Barat akan menjadi target pemberdayaan santri tani. Karena itu, peluang tersebut hendaknya diambil oleh para santri," ujar Rohim.

Menurut Rohim, ada banyak program untuk para santri. Selain pertanian biasa, juga ada perikanan dan peternakan yang bisa dimanfaatkan sebagai nilai tambah.

 

Koropak.co.id - Menteri Pertanian Akan Launching Santri Tani Milenial (4)

 

Baca : Menteri Pertanian Kunjungi Desa Kahuripan Bandung Barat

"Jawa Barat sangat cocok untuk pengembangan perikanan dan peternakan. Kami sudah survei ke beberapa daerah, jadi cocok santri di Jawa Barat terjun dalam usaha pertanian, perikanan dan peternakan. Jadi kelak tidak ada istilah santri menganggur dan tidak produktif," kata Rohim.

Ditanya soal istilah milenial, Rohim mengatakan dunia sekarang didominasi generasi yang melek teknologi informasi. Karena itu, petani santri bisa memanfaatkan teknologi informasi untuk memasarkan produknya.

"Santri tani harus bisa menjadi petani unggulan dengan dukungan teknologi yang canggih. Pertanian konvensional bakal tertinggal jika tidak menggunakan cara bertani milenial," ujar Rohim.*

 

Baca pula : Menteri Pertanian RI Launching BEKERJA