Santri Tani Milenial Tingkatkan Derajat Santri

Sabtu, 26 Januari 2019 19:55 Ahmad Mukhlis Daerah

Santri Tani Milenial Tingkatkan Derajat Santri

 

Koropak.co.id - Menanggapi Launching Santri Tani Milenial oleh Menteri Pertanian, Andi Amran Sulaiman yang digelar di Lapangan Kamulyan Manonjaya Kabupaten Tasikmalaya, Jumat (25/1/2019) kemarin, Ketua Harian PBNU, KH Iqbal Sulam menyambut baik.

Menurutnya, program tersebut akan menaikkan derajat santri, sebab santri yang berbasis pedesaan akan punya keterampilan bertani. Kelak santri tani akan berkontribusi terhadap ketahanan pangan nasional dan ketersediaan pangan.

"Santri tani juga akan punya kontribusi terhadap perbaikan gizi masyarakat. Bantuan ayam, kambing dan sapi akan berpengaruh ke gizi masyarakat," ujar KH Iqbal saat dikonfirmasi Koropak, Sabtu (26/1/2019).

Ditanya keberlanjutan program santri tani, KH Iqbal mengatakan setelah Jawa Barat, pihaknya akan bergerak dalam program SERASI (Selamatkan Rawa se-Indonesia) di Kalimantan Selatan.

"Kami akan terjun dalam upaya perbaikan lingkungan agar sistem pertanian menjadi lebih baik," kata KH Iqbal.

 

Koropak.co.id - Santri Tani Milenial Tingkatkan Derajat Santri 2

 

Baca : Menteri Pertanian Janjikan 1 Juta Ayam Untuk Santri

Menyoal manfaat program Santri Tani Milenial, Iqbal, mengatakan, kelak tidak ada lagi santri yang jadi buruh di kota. Sebab dengan tercukupi semua kebutuhan di desa, tidak ada santri yang merantau ke kota.

Dikonfirmasi Koropak secara terpisah, Penggagas dan Ketua Santri Tani Milenial se-Indonesia, Gus Rochim, mengatakan, keberlanjutan program santri tani akan merambah ke penyelamatan rawa. Melalui gerakan pertanian SERASI di Kalimantan Selatan akan menyelamatkan 4.000 hektare lahan rawa.

"Oleh karena itu, kepada para santri se-Indonesia mari kita berjibakku untuk ketahanan nasional kita. Karena jihad zaman milenial ini adalah jihad ketahanan pangan. Bukan perang lagi seperti zaman kemerdekaan," ujar Gus Rochim.*

 

Baca  : Santri Adalah Penerus Masa Depan Bangsa

 


Berita Terkait