Kinerja Baik, SAKIP Kabupaten Tasikmalaya Raih Predikat B

Senin, 28 Januari 2019 19:25 D. Farhan Kamil Daerah

Kinerja Baik, SAKIP Kabupaten Tasikmalaya Raih Predikat B


Koropak.co.id - Geliat perbaikan kinerja instansi pemerintah yang digaungkan sejak tahun 2018 seiring dengan upaya revisi RPJMD Kabupaten Tasikmalaya lebih fokus dan terukur, telah menempatkan posisi Pemkab Tasikmalaya pada posisi Membanggakan.

Faktanya, hasil evaluasi akuntabilitas kinerja terhadap instansi Pemkab Tasikmalaya tahun 2018, Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) Republik Indonesia, mengganjar predikat nilai B. Posisi sebelumya, penilaian atas kinerja instansi Pemkab Tasikmalaya selama emat tahun berturut turut, berada pada posisi predikat nilai C atau 52,76. Dan mengalami kenaikan sebesar 8 poin menjadi 60,20 atau B.

"Hari ini kita menerima penghargaan dari Kemenpan RB atas prestasi dalam akuntabilitas kinerja tahun 2018 dengan predikat nilai B. Ini merupakan buah kerja keras kita selama ini di antaranya dalam memperbaiki dokumen perencananaan dari mulai RPJMD, Renstra dan Indikator Kinerja Utama (IKU) SKPD," kata Bupati Tasikmalaya, H. Ade Sugianto, seusai menerima penghargaan yang diserahkan langsung oleh Menteri PAN dan RB Republik Indonesia Drs. Syafrudin, M.Si di The Trans Luxury Hotel Bandung, Senin (28/01/2019).

Menurutnya, penilaian Sistem Akuntabilitas Instansi Pemerintah (SAKIP) mencakup beberapa dimensi antara lain perencanaan kinerja, pengukuran kinerja, pelaporan kinerja, evaluasi internal dan capaian kinerja

"Penghargaan ini adalah kebanggaan bagi Pemkab Tasikmalaya dan menjadi motivasi bagi kita bekerja on the track mulai perencanaan hingga pencapaian kinerja dengan output, outcome atau benefid yang dapat dirasakan oleh pemerintah seluruh lapisan masyarakat Kabupaten Tasikmalaya. Jika iklim bekerja birokrasi seperti ini, predikat nilai A tidak akan sulit untuk kita raih di kemudian hari," tutur Ade.

 

Koropak.co.id - Kinerja Baik, SAKIP Kabupaten Tasikmalaya Raih Predikat B (3)

 

Baca : Dongkrak Kinerja SKPD Tingkatkan Raihan LHE

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, Sekretaris Deputi Reformasi Birokrasi Akuntabilitas Aparatur dan Pengawasan Kemenpan RB, Didid Noordiatmoko, AK, MM menegaskan, nila CC untuk akuntabilitas kinerja Pemkab Tasikmalaya memiliki arti, bahwa efisiensi dan efektifitas penggunaan anggaran terhadap kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Tasikmalaya masih rendah.

Hal itu disebabkan karena definisi tujuan atau sasaran program yang dibuat Pemkab Tasikmalaya yang dituangkan dalam dokumen Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) sebagai niat pemkab, tidak berorientasi kepada kesejahteraan masyarkat.

Kedua adalah tidak jelasnya ukuran keberhasilan dan terakhir adalah tidak ada ukuran kinerja pegawai. "Bagaimana dapat dikatakan bahwa pembangunan di Kabupaten Tasikmalaya ini berhasil, jika tidak ada ukuran keberhasilan. Begitu juga bagaimana menentukan baik buruknya pegawai Jika ukuran kinerjanya tidak ada. Termasuk sasaran kerja pegawai (SKP) tidak mungkin diisi, jika tidak ada ukuran kinerja individu dan kinerja individu ini pun sulit diukur jika tidak ada ukuran kinerja organisasi," ujar Didid.*

 

Baca: Jangan Mempermalukan Untuk Kedua Kalinya