Akuntabilitas Pemkab Purwakarta Meningkat

Selasa, 29 Januari 2019 17:29 Clara Aditia Daerah

Akuntabilitas Pemkab Purwakarta Meningkat


Koropak.co.id - Sebagai salah satu kota besar di Jawa Barat, Pemerintah Kabupaten Purwakarta telah berhasil menciptakan pemerintahan yang transparan dan akuntabel. Hal itu dibuktikan dengan meningkatnya predikat Sistem Akuntanbilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) Pemkab Purwakarta dari CC menjadi B dengan nilai 62,13. SAKIP merupakan puncak kinerja para PNS dan unsur kepemerintahan, yang merujuk pada kinerja, anggaran dan RPJMD yang telah dilaksanakan oleh kepemerintahan.

Bertempat di Trans Luxury Hotel Bandung, Menpan-RB Syarifudin memberikan apresiasi dari Laporan Hasil Evaluasi (LHE) SAKIP pemerintah provinsi dan kabupaten/kota, Senin (28/1/2019). Untuk penghargaan SAKIP Pemkab Purwakarta, diterima langsung oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Purwakarta Iyus Permana.

Dikatakan Iyus, raihan tersebut menjadikan sebuah kebanggaan tersendiri bagi Pemkab Purwakarta, dikarenakan adanya peningkatan kinerja dan integritas yang tinggi dari para ASN.

"Penghargaan ini merupakan kado terindah di awal tahun bagi Pemkab Purwakarta. Peningkatan di segala lini sektor kepemerintahan, diharapkan memacu kinerja Pemkab Purwakarta lebih baik lagi,” tutur iyus.

 

 

Koropak.co.id - Akuntanbilitas Pemkab Purwakarta Meningkat (2)

 

Baca : Kinerja Baik, Sakip Kabupaten Tasikmalaya Raih Predikat B

Hal senada disampaikan Bupati kabupaten Purwakarta, Anne Ratna Mustika ketika dihubungi melalui telepon seluler, Selasa (29/1/2019). Ambu, sapaan Bupati Anne, mengucapkan terima kasih kepada seluruh jajaran unsur kepemerintahan.

“Terimakasih atas kerja keras, integritas serta keloyalan para ASN Pemkab Purwakarta terhadap pelayanan masyarakat sangat baik,” ujar Ambu.

Ambu menambahkan, capaian tersebut tidak bisa dikerjakan sendiri-sendiri. Perlu sinergitas antar instansi kepemerintahan agar dapat terjalin sebuah tatanan kepemerintahan yang baik. Menurutnya, proses kerja keras tidak akan mengkhianati hasil. Terbukti dari jajaran kepemerintahan saat ini yang mendapatkan peningkatan nilai dari CC menjadi B.

"Target kita untuk tahun depan adalah nilai A. Tapi bila mendapat BB juga sudah merupakan hal yang baik. Namun yang terpenting, bagi saya adalah outcome atau manfaat jangka panjang dari kepemerintahan itu adalah yang terbaik bagi masyarakat,” katanya.*

 

Baca : Pujasera Srikandi Destinasi Wisata Kuliner Purwakarta

 


Berita Terkait