Server Gangguan, Pelayanan Disdukcapil Tidak Maksimal

Rabu, 30 Januari 2019 15:39 Ahmad Mukhlis Daerah

Server Gangguan, Pelayanan Disdukcapil Tidak Maksimal


Koropak.co.id - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Ciamis mengakui tidak maksimal melakukan pelayanan kepada masyarakat karena server terganggu. Sudah empat hari layanan terhambat oleh akibat server dan jaringan internet yang tidak bisa diakses. Sementara pemohon setiap hari membludak nyaris tidak tertangani.

"Kami tidak bisa maksimal melayani masyarakat. Kalau bikin surat keterangan dan kartu keluarga bisa ditunggu. Tapi pencetakan KTP harus nunggu server Jakarta berjalan normal lagi," kata Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Ciamis, H. Agus Ali Akbar, SH saat dikonfirmasi Koropak, Rabu, (30/1/2019).

Dalam sehari, kata Agus, ada ratusan pemohon yang antri dilayani. Namun selain kendala jaringan server yang terganggu, jumlah blangko KTP juga tidak memadai.

"Blanko dari Pusat yang dikirim ke daerah tidak cukup. Bahkan harus menunggu stok berikut, karena itu solusinya dengan menerbitkan surat keterangan," ujar Agus.

 

 

Koropak.co.id - Server Gangguan, Pelayanan Disdukcapil Tidak Maksimal (2)

 

Baca : Kini Anak Punya Kartu Identitas Sendiri

Menyoal program identitas anak, kata Agus, program ini belum bisa dilaksanakan. Sejak 2018 program pembuatan identitas anak sudah disosialiasikan, tapi sampai hari ini belum ada blangkonya.

"Pemohon identitas anak pasti membludak. Tapi kami belum siap melayani karena blangkonya belum ada. Tunggu launching nya nanti akan kita gebyarkan program identitas anak ini," kata Agus.

Ditanya data DPT, Agus menjelaskan, sejauh ini tidak ada masalah. Ada beberapa pemilih yang belum punya KTP, tapi sudah diatasi dengan penerbitan surat keterangan.

"Ada 30 ribuan kita terbitkan surat keterangan pengganti KTP yang nanti sah digunakan dalam Pemilu. Jadi tidak masalah dengan KPU," ujar Agus.*

 

Baca : Disdukcapil Hentikan Pencetakan KTP-El