Tanggapi Keluhan LPLHI, Dewan Imbau Jaga Lingkungan

Jum'at, 01 Februari 2019 06:58 Dede Hadiyana Parlemen

Tanggapi Keluhan LPLHI, Dewan Imbau Jaga Lingkungan

 

Koropak.co.id - Menindaklanjuti audiensi Lembaga Penyelamat Lingkungan Hidup Indonesia (LPLHI) pekan lalu terkait masalah penebangan pohon secara ilegal di kawasan objek wisata Situgede, DPRD Kota Tasikmalaya mengimbau agar warga Kota Tasikmalaya dapat lebih menjaga lingkungan.

Hal itu disampaikan Ketua Komisi III DPRD Kota Tasikmalaya, Heri Ahmadi dalam audiensi lanjutan LPLHI yang merembet pada permasalahan perizinan bangunan dan operasional Rumah Makan Asep Stoberi, yang digelar Kamis (31/1/2019).

"Dalam kasus ini harus ada sinergi dan kontrol dari semua pihak. Kami pun meminta kejelasan siapa yang melakukan penebangan pohon secara ilegal tersebut? Ternyata tidak ada yang mengetahui baik dari pihak BPSDA maupun dari Rumah Makan Asep Stroberi. Apakah ghaib?," ujarnya.

 

Koropak.co.id - Tanggapi Keluhan LPLHI, Dewan Imbau Jaga Lingkungan (2)

 

Baca : Pemerhati Lingkungan Hidup Serbu Dewan


Dewan juga mempertanyakan lahan lokasi penebangan pohon tersebut berada di tanah negara atau tanah milik pribadi.

"Di sini sudah mulai mengerecut kepada nama seseorang, akan tetapi mereka sendiri meralat praduga tak bersalah tersebut karena adanya pengakuan dari saksi," katanya.

Kewenangan terkait pohon tersebut, kata Heri, merupakan kewenangan BPSDA Provinsi Jawa Barat, tapi regulasinya tidak hanya ada di BPSDA, namun juga di Perhutani serta Lingkungan Hidup.

"Jadi yang berhak melakukan investigasi yakni dari pihak Provinsi bukan dari pemerintah daerah. Sebagai kontrol, kami imbau semua pihak agar menjaga kelestarian lingkungan," ucapnya.*

 

Baca : Dewan Pertanyakan Penebang Pohon