Sorgum, Sumber Pangan Pengganti Nasi

Sabtu, 02 Februari 2019 12:16 Erni Nur'aeni Daerah

Sorgum, Sumber Pangan Pengganti Nasi

 

Koropak.co.id - Sorgum merupakan salah satu jenis tanaman serbaguna yang dapat dijadikan sebagai sumber pangan alternatif, pakan, ternak dan bahan baku industri. Bahkan, Sorgum mempunyai sejumlah keunggulan di antaranya daya adaptasi adroekologi yang luas, tahan terhadap kekeringan, dapat panen beberapa kali serta tahan terhadap hama dan penyakit.

Tanaman ini banyak ditemui di wilayah kering dan tadah hujan seperti di Wonogiri, Demak, Gunung Kidul, NTT dan Bali. Kemudian protein dan unsur nutrisinya pun sangat tinggi dari pada beras. Di Tasikmalaya sendiri, Serikat Petani Sorgum Indonesia (Sepasi) memanfaatkan tanaman ini dan diolah menjadi bahan pangan pengganti nasi.

"Kita buat sorgum ini menjadi pangan untuk pengganti nasi, bahkan kita juga membuat tepungnya yang bisa digunakan sebagai salah satu campuran bahan-bahan kue," ujar Yafi, Wakil Sekertaris Sepasi saat dijumpai Koropak, Sabtu (2/2/2019).

Dijelaskan Yafi, sorgum bisa menjadi salah satu alternatif bagi mereka yang sedang menjalankan program diet sebab kandungan nutrisi yang di dalamnya akan membuat kenyang lebih lama dari pada gandum dan beras.

"Untuk di Tasikmalaya sendiri, meskipun sebagian masyarakat belum mengetahui manfaat dari tanaman sorgum ini, namun antusiasnya sangat baik. Terutama bagi mereka yang sadar akan kesehatan.*

 

Baca pula : Bulog Luncurkan Beras Kita


Berita Terkait