Alam Lestari, Hindarkan Negeri Dari Bencana

Sabtu, 02 Februari 2019 12:44 Dede Hadiyana Provinsi

Alam Lestari, Hindarkan Negeri Dari Bencana

 

Koropak.co.id - Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) Jawa Barat menyelenggarakan Seminar Nasional dan Silaturahmi Kerja Wilayah yang digelar di Hotel Bidakara Savoy Homann Bandung, Sabtu (2/2/2019). Dalam seminar tersebut, dikupas terkait banyaknya masalah lingkungan hidup seperti kerusakan alam dan berbagai bencana nasional.

Kegiatan yang dihadiri oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Ketua Umum ICMI Pusat Prof Dr Jimly Asshiddiqie, serta segenap pengurus ICMI Jawa Barat tersebut, mengusung tema "Konsolidasi Kepedulian ICMI Terhadap Kerusakan Alam, Lingkungan dan Bencana Nasional".

Dijumpai Koropak selepas kegiatan, salah seorang Pengurus ICMI Jawa Barat Dede Farhan Aulawi menuturkan tema seminar yang diambil menunjukkan bahwa ICMI Jawa Barat secara serius peduli dengan berbagai persoalan terkait lingkungan hidup.

"ICMI Jawa Barat merasa terpanggil untuk berkontribusi pada bangsa dan negara dalam memikirkan tentang kerusakan alam dan bencana nasional," ujarnya.

 

 

Koropak.co.id - Alam Lestari, Hindarkan Negeri Dari Bencana (2)

 

Baca : Tanggapi Keluhan LPLHI, Dewan Imbau Jaga Lingkungan


Pria yang dikenal sebagai Pemerhati Lingkungan Hidup itu menambahkan, di dunia, selain isu Human Right, sekarang muncul isu-isu seperti Animal Right, hingga Natural Right seperti yang tercantum dalam konstitusi di Perancis.

"Saat ini bukan hanya manusia yang memiliki hak asasi, akan tapi ada juga hak asasi hewan, hingga hak asasi alam. Siapapun bisa tampil untuk menggugat pengusaha, perusahaan atau orang yang melakukan perusakan pada alam. Jadi, sudah saatnya kita harus beraksi untuk menjaga kelestarian alam agar tidak terjadi kerusakan alam yang pada akhirnya menimbulkan bencana," katanya.

Selama ini, kata Dede, pihaknya aktif dalam kajian-kajian lingkungan hidup yang sering disampaikan di berbagai acara seminar dan dimuat di berbagai media. "Kata kuncinya adalah kepedulian, peran serta, sosialisasi dan penegakan hukum," ucapnya.*

 

Baca : Desa di Kabupaten Garut Raih Penghargaan Proklim