BP2IP Tangerang Buka Penerimaan Calon Taruna

Sabtu, 02 Februari 2019 18:30 Dede Hadiyana Nasional

BP2IP Tangerang Buka Penerimaan Calon Taruna


Koropak.co.id - Balai Pendidikan dan Pelatihan Ilmu Pelayaran (BP2IP) Tangerang kembali memanggil putra-putri terbaik Bangsa Indonesia yang memiliki jiwa bahari dan berminat bekerja di atas kapal niaga yang profesional.

Kesempatan dibuka bagi calon perwira pelayaran melalui seleksi dan Diklat Pembentukan Taruna-Taruni (Diklat Pelaut/ DP III) Ahli Nautika Tingkat III (ANT-III) atau Ahli Teknika Tingkat III (ATT-III) Non Diploma tahun angkatan 2019.

Adapun struktur Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) berlangsung selama 2,5 tahun yang terbagi dalam dua sistem pendidikan, yakni 1,5 tahun pembekalan teori di kampus dan 1 tahun praktek di kapal dengan Sertifikat Kompetensi Ahli Nautika Tingkat III (ANT-III) atau Ahli Teknika Tingkat III (ATT-III).

Untuk menjadi calon taruna Diklat Pelaut DP III, persyaratannya administrasinya mencakup usia yang tidak boleh lebih dari 26 tahun pada 19 Agustus 2019, belum menikah dan sanggup tidak menikah selama pendidikan yang dibuktikan dengan surat keterangan belum pernah menikah dari kelurahan atau kecamatan setempat.

Selain itu, calon taruna juga harus memiliki ijazah SMA atau Madrasah Aliyah (MA) jurusan IPA, SMK atau STM dengan jurusan mesin, listrik, eletronika dan mekanotrika, Paket C IPA yang disertai dengan Raport Kelas X sampai dengan XII disertai surat keterangan dari sekolah, SMK Pelayaran, Diploma III dan Sarjana semua jurusan.

Calon taruna juga musti berkelakuan baik yang dibuktikan dengan SKCK dari kepolisian atau Surat Keterangan Kelakuan Baik dari sekolah bagi yang berusia 17 tahun. Jika dinyatakan lulus seleksi, calon taruna menyerahkan Surat Keterangan Hasil Ujian Nasional (SKHUN) atau Nilai Ujian Negara (UN) yang sudah dilegalisir sebanyak satu lembar.

 

Koropak.co.id - BP2IP Tangerang Buka Penerimaan Calon Taruna (2)

 

Baca : Menuju Politeknik BP2IP Tangerang Matangkan Persiapan

Dokumen persyaratan lainnya yang harus dibawa dan diserahkkan saat pendaftaran adalah formulir pendaftaran yang telah dilengkapi dan fotocopy ijazah yang telah dilegalisir. Sedangkan bagi lulusan tahun 2019, wajib membawa surat keterangan dari sekolah yang menyatakan sebagai siswa kelas XII di sekolah tersebut.

Bagi pemilik Ijazah Paket C jurusan IPA, harus disertai raport kelas X sampai XII dan surat keterangan dari sekolah, fotocopy surat kenal lahir atau akte kelahiran, SKCK atau Surat Keterangan kelakuan Baik dari sekolah, surat keterangan belum menikah dari kelurahan setempat, pas foto berwarna ukuran 3x4 sebanyak empat lembar, tanda pengenal yang sah seperti KTP atau SIM, serta bukti pelunasan biaya pendaftaran dan seleksi penerimaan calon taruna.

Pendaftaran dibuka sejak 1 Februari hingga 21 Juni 2019. Sementara itu, dilakukan seleksi administrasi pada 24 Juni 2019, dan dilanjutkan seleksi Kesamaptaan pada 25-26 Juni 2019. Kemudian seleksi Kesehatan 27-28 Juni 2019, Seleksi Akademik 1 Juli 2019, Seleksi Psikotes 2 Juli 2019, Seleksi Wawancara 3 Juli 2019, dan Pengumuman pada 17 Juli 2019.

Selepas lulus, calon taruna diharuskan daftar ulang pada 17-26 Juli 2019, masuk asrama 29 Juli 2019. Dilanjutkan dengan Diklat Orientasi Kepelautan 30 Juli sampai 2 Agustus 2019, masa dasar pembentukan karakter 5-17 Agustus 2019, dan awal kegiatan belajar 19 Agustus 2019. Para calon taruna dapat mendaftar langsung ke Kampus BP2IP Tangerang, yang beralamat di Jalan Raya Karang Serang No 1 Kecamatan Sukadiri Kabupaten Tangerang Banten.*

 

Baca : BP2IP Tangerang Sambut Baik Rekrutmen PT Sinarmas

 


Berita Terkait