Ratusan Hektar Sawah Terancam Kekeringan

Senin, 04 Februari 2019 19:43 D. Farhan Kamil Desa

Ratusan Hektar Sawah Terancam Kekeringan

 

Koropak.co.id - Akibat diguyur hujan besar selama hampir 4 jam, pada Senin (4/1/2019) tembok penahan tanah (TPT) yang berada di pinggir Masjid Babussalam, ambrol dan menyebabkan tanah longsor, sehingga aliran Sungai Garunggang Desa Neglasari Kecamatan Salawu Kabupaten Tasikmalaya tertutup total sepanjang hampir 17 meter.

Camat Salawu, Heri Suherman mengatakan, ambrolnya TPT terjadi pada Minggu (3/1/2019) malam di saat hujan turun sangat besar. "TPT ambrol seketika, tanah langsung tergerus bersama air hujan menutupi aliran sungai. Panjangnya hampir 17 meter dan lebar sungai 5 meter," ujar Heri kepada Koropak.

 

https://news.koropak.co.id/6000/longsor-di-jalan-lewo-malangbong-macetkan-lalin

 

Menurutnya, Sungai Garunggang sangat vital karena memasok air untuk hektaran sawah di 4 desa yakni Desa Karangmukti, Margalaksana, Salawu dan Neglasari, terancam kekeringan. Maka butuh penanganan cepat dan serius.

"Saat ini, kami bersama warga melakukan gotong royong membersihkan material longsoran dengan peralatan seadanya. Mudah-mudahan besok sudah beres dan aliran sungai tidak terhambat," kata Heri.*

 

Baca pula : Longsor di Jala Lewo Malangbong Macetkan Lalin