Bawaslu Menambah Lapisan Kekuatan Panwaslu

Rabu, 06 Februari 2019 18:10 D. Farhan Kamil Daerah

Bawaslu Menambah Lapisan Kekuatan Panwaslu


Koropak.co.id - Guna mewujudkan Pemilu 2019 yang damai dan jujur serta sukses tanpa ekses, Bawaslu menambah lapisan kekuatan pengawas pemilu di tempat pemungutan suara (TPS).

"Kami membutuhkan 5. 196 pengawas TPS yang akan segera kami rekrut melalui masing masing Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) di wilayah Kabupaten Tasikmalaya," tutur Ketua Bawaslu Kabupaten Tasikmalaya, Dodi Djuanda, SP, kepada Koropak selepas rapat kerja persiapan pembentukan pengawas TPS 2019 se-Kabupaten Tasikmalaya, di Hotel Grand Metro Kota Tasikmalaya, Rabu (6/1/2019).

Untuk memenuhi kuota Pengawas TPS sejumlah TPS itu, Bawaslu telah mensosialisasikan rekrutmen Pengawas TPS baik di desa desa maupun kecamatan termasuk media masa.

 

 

Koropak.co.id - Bawaslu Menambah Lapisan Kekuatan Panwaslu (2)

 

 

"Sosialisasi kami lakukan sejak tanggal 4 hingga 10 Pebruari. Selanjutnya dilakukan tes seleksi juga wawancara. Bagi peserta yang lolos sesuai kriteria, rencananya akan kami lantik pada tanggal 25 Pebruari 2019 mendatang," ujarnya.

Ditambahkan, kriteria calon peserta pengawas TPS di antaranya, berusia 25 tahun, izajah SMA/SMK, tidak berapiliasi dengan partai politik, juga tidak memiliki hubungan perkawinan dengan penyelenggara pemilu.

Mereka kata Dodi, akan berkerja selama 23 hari dengan tugas pokoknya adalah pengawasan. Baik mengawasi lalu lintas logistik pemilu, kampanye termasuk bertugas untum mengawasi logistik pemilu pasca pencoblosan.*

 

Baca pula : Bawaslu Jabar Sidak Logistik Pemilu


Berita Terkait