Prioritaskan Usulan Sesuai Program Pemerintah

Kamis, 07 Februari 2019 18:27 Dede Hadiyana Daerah

Prioritaskan Usulan Sesuai Program Pemerintah

 

Koropak.co.id - Sekretraris Daerah Kota Tasikmalaya, Drs Ivan Dicksan memimpin kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tingkat Kecamatan Purbaratu tahun anggaran 2020 yang digelar di Aula Kantor Kecamatan Purbaratu Kota Tasikmalaya, Kamis (7/2/2019).

Kegiatan Musrenbang di Kecamatan Purbaratu terus mengalami peningkatan, baik dari segi kualitas maupun kuantitas. Terutama dengan adanya program pemerintah yang langsung pro rakyat.

Camat Purbaratu Odang Saefudin SE menuturkan kepada Koropak, setelah adanya Pagu Indikatif Wilayah Kecamatan (PIWK), Musrenbang menjadi ajang penyerapan usulan yang benar-benar diharapkan masyarakat.

"Sekarang, dengan adanya Permendagri Nomor 130 Tahun 2018, Musrenbang lebih menyentuh lagi. Hanya tinggal masyarakatnya yang harus siap. Pagu tahun 2020, dana kelurahan mencapai Rp 6 milyar untuk 6 kelurahan se-Kecamatan Purbaratu yang disesuaikan dengan kriterianya seperti jumlah penduduk, luas wilayah, dan jumlah rumah tangga sasaran atau miskin," ujarnya.

 

Koropak.co.id - Prioritaskan Usulan Sesuai Program Pemerintah (2)

 

Baca : Musrenbang Jaring Prioritas Pembangunan

Selain harus siap menerima dan mengelola anggaran tersebut, pihak kelurahan bersama masyarakat harus membentuk Kelompok Masyarakat (Pokmas) disertai pengawasannya agar pemanfaatan dana kelurahan dapat efektif dan efisien untuk pelaksanaan kegiatan di masing-masing kelurahan.

"Di dalamnya terdapat pembagian 65 persen untuk pembangunan infrastruktur dan 35 persen untuk pemberdayaan masyarakat. Semoga di tahun yang akan datang, pengelolaan anggaran dan pemanfaatan penggunaannya lebih baik dari tahun ini," katanya.

Dalam Musrenbang sekarang ini, kata Odang, masyarakat mengusulkan yang menjadi prioritas di masing-masing kelurahan, walaupun Pokmasnya belum terbentuk.

"Semoga mereka sudah paham atas anggaran yang disesuaikan dengan Permendagri Nomor 130 Tahun 2018 dengan program pemerintah yang pro rakyat," ucapnya.

 

 

Koropak.co.id - Prioritaskan Usulan Sesuai Program Pemerintah (3)

 

Baca : Sekda Harapkan Sinergitas Dinas dan Kecamatan

 

Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Drs H Ivan Dicksan M.Si menuturkan musrenbang merupakan kegiatan rutin tahunan yang diadakan mulai dari tingkat kelurahan, kecamatan, hingga tingkat kota.

"Dalam musrenbang ini kita menghimpun usulan masyarakat, yang kemudian dipilah dan dipilih, mana yang masuk ke perencanaan dinas, yang nantinya masuk ke dalam Musrenbang tingkat kota sehingga menjadi rencana kerja pemerintah daerah tahun 2020," ujarnya.

Berbagai aspirasi masyarakat yang berskala kelurahan, sudah dapat dirumuskan dalam perencanaan untuk dialokasikan dari anggaran Dana Kelurahan (DK). Karena ke depan Dana Kelurahan tersebut akan semakin bertambah.

"Tahun ini saja dari pusat sudah ada Rp 25 milyar yang masing-masing kecamatan mendapatkan Rp 370 juta. Ditambah dari dana Pagu Indikatif Wilayah Kecamatan (PIWK) yang akan berubah menjadi Pagu Indikatif Kewilayahan (PIK) dan itu akan didorong untuk pembanguna di tingkat kelurahan," katanya.* [dks]

  

Baca : Jalan Lingkar Utara Segera Diselesaikan