Insan Pers Tasikmalaya Peringati HPN Dengan Menanam Pohon

Kamis, 07 Februari 2019 20:00 Erni Nur'aeni Daerah

Insan Pers Tasikmalaya Peringati HPN Dengan Menanam Pohon

 

Koropak.co.id - Memperingati Hari Pers Nasional yang diperingati setiap tanggal 9 Februari, Perkumpulan Jurnalis Tasikmalaya (PJT) melaksanakan penanaman pohon di Kawasan Gunung Galunggung Tasikmalaya, Kamis (7/2/2019). Turut hadir sejumlah insan pers dari Metro TV, RCTI, SCTV, CNN, Kompas, Cakrawala Media, Radar Tasikmalaya, Kabar Priangan, Pikiran Rakyat, Republika Online, RRI, Antara TV, Tribun Jabar, Warta Tasik, RSPD, dan Koropak.

Ketua PJT Hendra Herdian mengajak semua kalangan dari mahasiswa pelajar untuk menjaga lingkungan, mengingat banyaknya bencana yang terjadi saat ini, sehingga dipelukan tindakan nyata menyelamatkan lingkungan dengan penanaman pohon.

"Kita ingin mengajak semua kalangan untuk melakukan aksi penanaman pohon ini, seiring banyaknya bencana yang terjadi saat ini," ujarnya.

Sekitar kurang lebih 200 bibit pohon jenis tanaman kemiri (muncang) dan kopi ditanam. Kedua jenis bibit pohon tersebut dipilih karena dapat melibatkan masyarakat dalam budidayanya.

"Kedua jenis tanaman itu karena dianggap lebih produktif untuk masyarakat. Kami ingin melibatkan masyarakat dalam pemeliharaannya," ujar Hendra.

 

 

Koropak.co.id - Insan Pers Tasikmalaya Peringati HPN Dengan Menanam Pohon (1)

 


Baca: Cimulu Day Gerakan Cinta Lingkungan Bersihkan Sungai

 

Kaki bukit Gunung Galunggung dipilih sebagai lokasi penanaman karena Galunggung merupakan salah satu daerah resapan air yang dimanfaatkan masyarakat Kota dan Kabupaten Tasikmalaya.

"Alhamdulillah kegiatan ini diikuti 200 orang yang tidak hanya dari kalangan pers saja, namun juga dari berbagai perwakilan Universitas dan sekolah. Mereka nampak antusias mengikuti acara. Mereka mewakili Poltekes, Unpad, Polban, SMAN 2 Tasikmalaya, SMAN 5 Tasikmalaya dan masih banyak lembaga lainnya yang ikut gabung di acara kita," katanya.

Ia berharap, acara ini bukan sekedar kegiatan semata, namun menjadi langkah awal untuk menjaga kelestarian alam yang mulai rusak oleh tangan-tangan tak bertanggungjawab.

"Kegiatan ini hanya sebuah kegiatan awal untuk melangkah dalam melestarikan lingkungan. Kita harapkan ke depan ada pihak-pihak yang tergerak untuk melakukan aksi nyata, bukan sebatas seremonial saja. Kita harapkan mereka menanam sendiri serta memberikan edukasi kepada masyarakat umum," ucapnya.

Sebelum kegiatan penanaman, para peserta diberikan wawasan oleh Dandim 0612 Letkol Inf Nur Ahmad, Administratur Perum Perhutani KPH Tasikmalaya Dedi Supriadi, Kepala Bidang Pengendalian, Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Tasikmalaya, Joelistyana Widjajanti, agar mereka lebih memahami makna dari menanam pohon ini.

"Beberapa materi disampaikan kepada mereka agar memahami makna dari menanam pohon. Sementara dari jurnalis, materi yang disampaikan tentang berita hoax, supaya mereka tidak menelan mentah-mentah berita yang disampaikan melalui media sosial," kata Hendra.*

 

Baca : Generasi Muda Harapan Baru Melestarikan Alam


Berita Terkait